Cara Mudah Mengatasi Smartphone Kehujanan

01/03/2017    Alfiana Irsyada Salma    1471    Teknologi

Pada musim penghujan seperti sekarang ini, sewaktu – waktu dapat menyebabkan smartphone terkena air hujan atau terendam air banjir, sehingga membuat smartphone rusak dan tidak dapat digunakan kembali. Jika smartphone kalian terkena air hujan atau air banjir, simak artikel berikut ini cara mudah mengatasi smartphone kehujanaan.

Jauhkan Smartphone Dari Area Basah

Jika kalian terjebak hujan, smartphone sedang ada di saku celana, dan celana basah akibat hujan, langkah awal yang harus kalian lakukan ialah segera pindahkan smartphone ke area lain yang lebih kering, kemudian segera matikan smartphone. Meskipun smartphone tidak terkena air hujan parah, namun dengan mematikan smartphone jauh lebih baik dan harus kalian lakukan seperti itu. Hal tersebut bertujuan untuk menghentikan aliran listrik di smartphone demi menghindari terjadinya korsleting.

Lepaskan Semua Komponen Yang Terpasang Pada Smartphone

Jika smartphone benar – benar basah terkena air hujan, segera lepaskan semua komponen yang terpasang seperti hardcase atau softcase, baterai (bila baterai tak tanam), kartu SIM, dan MicroSD. Hal tersebut bertujuan untuk menyelamatkan data – data di kartu SIM atau MicroSD, karena bila smartphone tidak terselamatkan kalian masih menyimpan data yang masih bisa digunakan di kemudian hari.

Keringkan Semua Bagian Smartphone

Setelah kalian kehujanan bersama smartphone, sesampainya di rumah segera keringkan smartphone yang terkena air hujan, bila sudah di lepaskan semua komponen yang terpasang. Kalian bisa mengeringkannya menggunakan tisu toilet, atau bahan pengering lainnya yang lembut. Pada bagian mesin smartphone yang kehujanan, kalian bisa menggunakan vacuum cleaner atau penghisap debu keyboard atau kipas komputer. Tetapi, jangan terlalu dekat dengan permukaan mesin, karena dikhawatirkan akan membuat beberapa komponen di dalamnya menjadi longgar. Disarankan untuk tidak mengeringkan smartphone menggunakan hair dryer meskipun dalam mode cold.

Simpan Smartphone Di Dalam Beras

Cara mudah mengatasi smartphone kehujanan selanjutnya ialah merendam bagian mesin smartphone, serta bagian lainnya ke dalam cawan atau tempat yang berisi beras, disarankan terpisah dalam merendam komponen smartphone. Biarkan terendam selama 24 – 72 jam. Kalian juga bisa merendam SIM Card atau MicroSD dengan beras, namun jangan terlalu lama bisa 5 – 10 jam. Merendam dalam beras hanya sebagian usaha untuk membuat smartphone kering sepenuhnya, bukan berarti menyelamatkan smartphone yang kehujanan.

Gunakan Molecular Sieve Desiccant

Salah satu teknologi yang menggunakan butiran Molecular Sieve Desiccant adalah Bheestie. Butiran ini bekerja seperti beras yang dapat menyerap kandungan air di dalam mesin smartphone yang dalam keadaan basah, bentuknya seperti silica gel. Cara kerjanya hampir sama dengan merendam pada beras, hanya saja Bheestie lebih mudah dibawa kemana pun.

Jika smartphone sudah benar – benar dipastikan kering, pasang kembali komponen – komponen smartphone, kemudian nyalahkan kembali. Dari sana kalian akan tahu apakah smartphone masih bisa berfungsi atau mati total. Bagaimana teman – teman cara mudah mengatasi smartphone kehujanan praktis untuk dilakukan, bukan? Selamat mencoba

Social Media, Browser, Software, Artikel, Tips dan Trik, Inspirasi, IT, Android

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More
chatarrow