Cara Mudah Mengatasi Komputer Mati Total Part II

06/05/2017    Alfiana Irsyada Salma    1110     Teknologi

Pada artikel sebelumnya teman – teman sudah mengetahui dan mencoba cara mudah mengatasi komputer mati total partI. Pada artikel kali ini akan dibahas kelanjutan dari artikel sebelumnya, yakni cara mudah mengatasi komputer mati total partII. Bagi teman – teman yang belum berhasil mengatasi komputer mati total, bisa membaca artikel hari ini.

Periksa Soket Listrik

Langkah selanjutnya yang bisa kalian lakukan ialah mencoba untuk memeriksa soket listrik (tempat colokan listrik), apakah pada colokan tersebut ada kendala atau ada masalah pada bagian colokan tersebut. Untuk memastikan bahwa soket tersebut dialiri oleh listrik, kalian bisa mengujinya dengan menggunakan tespen (Test Pen). Jika tidak terjadi masalah, periksa juga steker pada kabel yang menyambung pada Power Supply. Kalian harus lebih teliti lagi untuk mengecek hal tersebut.

Periksa Mainboard atau Motherboard

Langkah lainnya yang bisa kalian lakukan untuk cara mudah mengatasi komputer mati total ialah dengan memeriksa motherboard atau papan induk. Motherboard berfungsi sebagai papan utama yang menampung hampir seluruh komponen CPU pada komputer agar dapat terhubung satu sama lain. Pada langkah kali ini, kalian cobalah untuk memeriksa seluruh komponen pada motherboard, apakah ada terjadi kerusakan yang terlihat secara fisik mulai dari tata letak motherboard pada casing.

Periksa Power Supply

Langkah akhir yang bisa kalian lakukan ialah dengan memeriksa komponen Power Supply. Kebanyakan orang sudah mengetahui fungsi power supply ialah memasok daya listrik ke seluruh komponen CPU, power supply memiliki fungsi penting. Jadi jika power supply pada komputer mengalami kerusakan, maka komputer tersebut tidak mendapat pasokan listrik yang menyebabkan komputer tersebut tidak dapat menyala.

Bila kalian tahu mengenai sirkuit elektronik, maka cobalah untuk memeriksa rangkaian komponen listrik dalam power supply. Perhatikan baik – baik apakah ada komponen yang terbakar atau terlihat kembung secara fisik. Ada banyak kabel koneksi yang berasal dari power supply dan memiliki fungsi yang berbeda – beda tergantung pada komponen yang akan dipasoki daya listrik. Sebaiknya, kalian memeriksa keseluruhan koneksi kabel yang terhubung dengan power supply, karena dikhawatirkan ada komponen CPU yang tidak terpasoki daya listrik. Pastikan kembali kabel yang seharusnya terpasang semua dan tidak ada yang longgar untuk memastikan kabel tersebut kuat, supaya terpasoki daya listrik secara optimal.

Cara mudah mengatasi komputer mati total partII ialah dengan memeriksa seluruh komponen yang berhubungan dengan komputer, mulai dari listrik, power supply, hingga ke komponen dalam CPU. Disarankan untuk membeli komponen baru jika salah satu komponen mengalami kerusakan. Pergunakanlah komputer kalian sebaik mungkin dan jagalah komputer sebaik mungkin, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Browser, Software, Artikel, Tips dan Trik, Inspirasi, website, IT

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More