Cara Mudah Mengatasi Komputer Mati Total Part I

06/05/2017    Alfiana Irsyada Salma    1868     Teknologi

Pada zaman sekarang ini manusia sangat membutuhkan komputer, bahkan seorang pekerja ada yang harus selalu stand by di depan komputer setiap hari. Dari sekian banyak pengguna komputer, pasti kalian pernah mengalami kejadian komputer mati total tidak bisa menyala sama sekali. Bagaimana cara mengatasi hal tersebut? Pada artikel kali ini akan kita bahas bagaimana cara mudah mengatasi komputer mati total.

Sebagian dari kalian pasti sangat paham tanda komputer mati total ialah tidak adanya lampu indikator yang menyala pada CPU dan kipas pada Power Supply tidak berjalan semestinya. Jika komputer sering mengalami mati total langkah yang harus kalian ambil ialah dengan sesegera mungkin memperbaikinya. Kalian perlu mengetahui letak posisi masalah yang biasa terjadi, supaya komputer tidak terjadi mati total berkali – kali.

Mati Listrik

Langkah awal yang perlu kalian cek ialah memastikan bahwa arus listrik di rumah tidak sedang dalam keadaan bermasalah atau tidak ada pemadaman listrik. Misalnya, kamu sedang beraktivitas di depan komputer tiba – tiba listrik di rumah sedang ada perbaikan, atau sekitar rumah ada pemadaman, maka kamu melakukan hal yang sia – sia, karena komputer tidak akan berfungsi. Jadi, diusahakan lebih teliti untuk mengecek aliran listrik.

Periksa Kabel Power CPU

Langkah selanjutnya cara mudah mengatasi komputer mati total ialah dengan cara memeriksa kabel power yang disambungkan langsung dengan Power Supply. Biasanya, kerusakan kabel sering menjadi penyebab matinya komputer. Sebaiknya, kalian memastikan kabelnya baik atau tidak dengan cara menggantinya dengan kabel power komputer lain. Jika dengan menggunakan kabel power komputer lain berhasil tersambung, maka kerusakannya terletak pada kabel power utama. Jika masih mati total, maka penyebabnya bukan dari kabel power tersebut.

Periksa Prosesor

Jika kedua langkah tersebut masih belum bisa kalian selesaikan, kalian bisa mencoba untuk memeriksa inti otak dari komputer, yakni Prosesor. Fungsi dari prosesor pada komputer adalah untuk memproses seluruh jalannya sistem komputer. Ketika prosesor mengalami kerusakan, maka sistem komputer tidak akan berjalan dengan normal bahkan bisa menyebabkan mati total. Perhatikanlah plat lembaga berwarna kuning dan jangan disentuh, lihat apakah ada yang bengkok, terbakar, atau ada yang rusak. Kalian harus lebih cermat lagi.

Cara mudah mengatasi komputer mati total partI ini bisa kalian terapkan terlebih dahulu, jika cara tersebut belum juga membantu kalian dalam mengatasi komputer yang mati total, kalian bisa membaca cara mudah mengatasi komputer mati total partII. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Browser, Software, Artikel, Tips dan Trik, Inspirasi, website, IT

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More