Cara Mudah Mengatasi Hardisk Yang Sudah Rusak

09/02/2017    Alfiana Irsyada Salma    918     Artikel Bebas

Hardisk merupakan sebuah media penyimpanan yang sangat penting. Biasanya pada komputer maupun laptop hardisk menjadi pusat atau bagian paling penting. Pada artikel sebelumnya saya sudah membahas mengenai cara mudah mengetahui hardisk yang rusak. Nah, sekarang kita akan membahas bagaimana cara mudah mengatasi hardisk yang sudah rusak.

Bagi kalian yang sudah mengetahui ciri – ciri hardisk rusak, sebaiknya kalian segera melakukan tindakan sebelum hardisk menjadi benar – benar rusak dan berakhir ke tempat pembuangan. Karena, jika kalian memiliki hardisk yang belum rusak sepenuhnya masih bisa kalian gunakan. Kalian perlu tahu bagaimana cara menggunakannya.

Cara pertama, yang perlu kalian lakukan adalah cabut hardisk yang sudah terindikasi rusak. Setelah itu, sambungkan hardisk kamu yang terindikasi rusak ke komputer atau ke laptop lain yang kondisinya normal. Untuk sambungan antara hardisk dan komputer, kalian bisa menggunakan konektor SATA to USB atau sambungkan langsung dari Motherboard to SATA atau bisa juga dengan cara gunakan HDD Dock.

Cara kedua, setelah melakukan sambungan antara hardisk dan komputer, jika kalian masih bisa mengakses data – data, sebaiknya lakukan backup terlebih dahulu semaksimal mungkin, supaya data – data yang kamu miliki pada hardisk rusak bisa terselamatkan. Semoga masih bisa walaupun sedikit setidaknya masih ada data yang selamat.

Cara ketiga, lakukan format secara menyeluruh (penuh) dengan menggunakan software tambahan, yakni software “Low Level Format”. Pastikan software tersebut bukan virus.

Cara keempat, setelah kalian melakukan format dengan software tambahan Low Level Format, test kembali hardisk dengan menggunakan software tambahan lagi, yakni “Acronis Drive Monitor”. Jika setelah di test kembali hardisk kamu dinyatakan normal kembali berarti yang rusak adalah software-nya. Namun, jika setelah melakukan format tidak memberikan atau tidak menunjukkan hasil test dari hardisk, berarti hardisk kalian kembali normal, dapat dipastikan bahwa hardware yang mengalami kerusakan, dan tidak ada satu pun untuk memperbaiknya selain dengan cara menggantinya dengan hardisk yang baru.

Bagi teman – teman yang belum mengetahui mengatasi hardisk yang rusak, kini bisa mencoba artikel hari ini, yakni cara mudah mengatasi hardisk yang sudah rusak. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Artikel, Tips dan Trik, Inspirasi, IT

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More