Cara Mudah Membedakan Hacker Dan Cyber Criminal

Banyak orang yang mengatakan bahwa hacker merupakan seseorang yang melakukan tindakan negatif. Sebenarnya, tidak semua hacker melakukan tindakan yang tidak bertanggung jawab. Pada artikel kali ini saya akan berikan informasi cara mudah membedakan Hacker dan Cyber Criminal yang harus kalian simak baik – baik agar tidak salah sangka.

Hacker

Pertama – tama kita mengenal hacker terlebih dahulu. Hacker adalah orang atau kumpulan orang yang mempelajari, menganalisa, memodifikasi hingga mengeksploitasi sistem yang terdapat di sebuah perangkat lunak maupun perangkat keras. Sistem tersebut maksudnya ialah seperti program – program komputer, administrasi, dan lain sebagainya. Selain itu, hacker juga mampu menjelajah atau membuat sistem keamanan.

Cyber Criminal

Kedua, kini kalian akan mengenal Cyber Criminal. Orang yang menggunakan teknologi komputer untuk melakukan tindakan criminal disebut sebagai Cyber Criminal. Tindakan ini biasanya dilakukan untuk mengakses satu atau lebih sistem komputer dengan tujuan untuk mencuri informasi, membuat sistem menjadi offline, hingga merusak sistem tersebut. Sistem yang dimaksud ialah sistem yang bernilai sangat penting dan bersifat krusial, seperti keamanan, finansial, database, dan lain sebagainya. Jadi, kalian kini sudah bisa membedakan mana Hacker dan mana Cyber Criminal, mana hacker yang melakukan tindakan kriminal? Kalian juga sering mendengar sebutan White Hat dan Black Hat. Berikut ini akan dibahas perbedaan keduanya.

White Hat adalah orang atau hacker yang menyelidiki serta menemukan kelemahan – kelemahan dalam sebuah sistem, tujuannya supaya sistem dapat diperbaharui dan keamanannya dapat ditingkatkan lagi. Aktivitas White Hat Hacker ini termasuk legal dan memang banyak diminta oleh beberapa klien. Jadi White Hat bukan sebuah tindakan kriminal.

Kemudian, Black Hat adalah orang yang mengerti ilmu sistem dan menggunakannya untuk tindakan kriminal, black hat bisa juga disebut dengan cyber criminal karena aktivitasnya bersifat illegal dan dapat merugikan orang lain.

Jadi, sekarang kalian sudah bisa membedakan mana hacker dan mana cyber criminal. Cara mudah membedakan hacker dan cyber criminal membuat kalian tidak salah pemahaman lagi ketika menemukan kasus pencurian sistem, semoga bermanfaat.

10 Maret 2017

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Seminar Java April 2024 di DUMET School
chat