Cara Menginstall Composer di Mac OS Terbaru

Cara Menginstall Composer di Mac OS terbaru - Hallo semuanya, pada kesempatan kali ini saya akan membuat sedikit trik untuk kalian, sebelumnyya apakah diantara kalian sudah ada yang pernah memakai composer? Atau mungkin belum, Composer sendiri adalah dependency manager khusus PHP terutama jika kalian ingin belajar tentang Laravel, maka composer adalah salah satu dependency manager yang sangat di rekomendasikan oleh Laravel, composer memiliki fungsionalitas seperti Gem pada Ruby atau Maven pada Java. Kalian bisa menginstall suatu library melalui composer dan composer akan secara otomatis menginstall library lain yang dibutuhkan, tanpa perlu mendownload satu persatu. Mirip dengan apt get install di sistem operasi linux.

Yang perlu kalian ketahui, cara menginstall di windows dengan linux atau mac agak sedikit berbeda, pada windows kita bisa menjalankan instalasi seperti program pada umumnya, namun untuk mac os agak sedikit berbeda karena kita mambutuhkan terminal untuk menginstallnya,

Cara Menginstall Composer Pada Mac OS

1.    Download composer.phar

pada kode berikut kita akan mendownload composer.phar pada root folder user masing-masing. copy kode berikut dan paste pada terminal kalian, lalu tekan enter:

php -r "copy('https://getcomposer.org/installer', 'composer-setup.php');"
php -r "if (hash_file('sha384', 'composer-setup.php') === 'e0012edf3e80b6978849f5eff0d4b4e4c79ff1609dd1e613307e16318854d24ae64f26d17af3ef0bf7cfb710ca74755a') { echo 'Installer verified'; } else { echo 'Installer corrupt'; unlink('composer-setup.php'); } echo PHP_EOL;"
php composer-setup.php
php -r "unlink('composer-setup.php');"

2.    Memindahkan composer.phar agar dapat berjalan secara global

sudo mv composer.phar /usr/local/bin/composer

kalian akan diminta memasukkan password.

3.    NOTE: pada beberapa versi Mac OS terbaru biasanya folder /usr/local/bin/composer tidak akan terbuat secara otomatis, maka dari itu kalian perlu membuatnya secara manual dengan command berikut

sudo mkdir -p /usr/local/bin

lalu kalian boleh ulangi lagi langkah ke-2

dengan begitu kalian sudah bisa menggunakan secara global, kalian bisa mengeceknya sekarang mengetikkan composer pada terminal maka akan muncul output dengan tulisan besar composer. Baiklah, demikian artikel tentang cara menginstall composer pada mac os, dengan adanya artikel ini bisa membantu kalian yang sedang kesulitan menginstall composer. Semoga bermanfaat.

13 Februari 2020

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Kursus Postgre SQL Database Developer Terbaik 2024 di Jakarta
chat