Cara menginstal laravel 5.6 dengan mudah

Cara menginstal laravel 5.6 dengan mudah – Hallo semuanya, laravel saat ini sudah memasuki versi ke 5.6, tentu rasanya agak kurang jika kita tidak membahas tentang framework php yang sangat populer saat ini. Integrasi  yang sangat mudah, serta banyaknya dukungan dari komunitas juga membuat framework laravel ini sangat cepat berkembang dan menjadi salah satu framework terbaik dan banyak dicari oleh berbagai perusahaan.

Seperti yang tertera di judul, saat artikel ini dibuat, versi laravel berada pada versi 5.6. sebelum kita menginstall laravel, kalian harus sudah menginstall composer, apa itu composer? Composer adalah sebuah dependency manager yang dikhususkan untuk PHP, yang berarti kita bisa menginstall suatu library melalui composer dan composer akan secara otomatis menginstall library lain yang dibutuhkan tanpa harus mendownload secara manual satu per satu. Untuk menginstallnya kalian bisa download pada website resminya yaitu getcomposer.org.

Baiklah, sebelum kita menginstall laravel 5.6, kita perlu mengetahui  requirement agar laravel dapat berjalan dengan lancar, berikut adalah hal wajib yang harus kalian miliki sebelum menginstall laravel 5.6

PHP >= 7.1.3

OpenSSL PHP Extension

PDO PHP Extension

Mbstring PHP Extension

Tokenizer PHP Extension

XML PHP Extension

Ctype PHP Extension

JSON PHP Extension

 

Seperti yang kita ketahui bahwa dimulai sejak laravel versi 5.5, kita sudah wajib memiliki versi PHP 7, sekarang pun demikian. Untuk bagian PHP Extension lainnya sudah akan otomatis terinstall saat pertama menginstal virtual webserver seperti XAMPP, WAMP, dan MAMP,  sehingga kita tidak perlu melakukan pengaturan lebih lanjut.

Cara menginstall laravel cukup mudah, jika kalian sudah menginstall composer, maka kita akan masuk keproses penginstallan laravel dengan mengetikkan kode berikut pada Command Promt (CMD).

composer create-project --prefer-dist laravel/laravel mylaravel

 

Baiklah, jika sudah, tekan enter untuk menjalankan perintah diatas. Proses penginstallan tergantung dari kecepatan internet yang kalian gunakan. Ketika sudah selesai maka kalian akan melihat sebuah folder bernama mylaravel yang bisa kalian ubah sesuaikan. Baiklah saya kira itu saja yang kita bahas kali ini, semoga bermanfaat

 

21 Juli 2018

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Kursus Postgre SQL Database Developer Terbaik 2024 di Jakarta
chat