Cara Menghindari Virus Ransomware Wannacry

Sebagai yang kita tahu, virus adalah istilah tentang sesuatu yang bersifat merusak atau mengganggu jalan dan sistem kerja tubuh. Dalam dunia komputer juga demikian. Virus didefinisikan sebagai program yang tidak diinginkan dan akan merusak sistem kerja perangkat komputer tersebut sehingga kinerja komputer atau laptop akan terganggu atau tidak maksimal dan menjadi lambat/lemot. Hilangnya file - file tertentu dalam komputer secara tiba – tiba juga bisa disebabkan oleh virus. Atau bahkan virus juga melakukan perusakan pada sistem operasi yang kita gunakan, sehingga kita perlu melakukan instal ulang sistem operasi yang kita miliki.

Seseorang yang pernah memiliki pengalaman buruk seperti hilangnya dokumen perusahaan atau skripsi yang dikarenakan virus biasanya akan memiliki trauma yang menjadikannya lebih waspada, atau bahkan bisa sampai tidak mau menggunakan flashdisk selain flashdisk miliknya ke dalam laptop miliknya. Dan tidak mau meminjamkan laptop yang mereka miliki kepada orang lain. Tujuan mereka adalah agar tidak terkena virus agar tidak terulang kesalahan yang sama.

Seperti yang kita bahas pada artikel sebelumnya tentang  Apa itu virus Ransomware WannaCry. Kita bisa ketahui bahwa bahaya virus ini adalah melakukan enkripsi terhadap file yang kita miliki dan meminta uang tebusa untuk mendapatkan password yang bisa membuka file yang kita miliki.

Berikut ini adalah cara mudah terhindar dari virus Ransomware WannaCry:

  • Gunakan antivirus yang kompatibel dan terpercaya seperti ESET, Norton, dan KasperSky
  • Jika komputer atau laptop sering digunakan browsing internet maka gunakan antivirus yang memiliki fitur Internet Security.
  • Aktifkan Firewall pada Windows yang anda gunakan.
  • Selalu perbarui Security Update pada Windows Security
  • Jangan dibiasakan menyimpan data pada drive C terlalu lama.
  • Kenali semua data yang anda simpan pada laptop, dan segera buang/hapus apabila ada data yang tidak anda kenal.
  • Biasakan download dari situs yang terpercaya.
  • Budayakan membaca saat menginstall software / aplikasi sebelum klik next

Baiklah teman-teman demikian artikel kali ini yang membahas tentang cara menghindari virus Ransomware WannaCry. Semoga kalian lebih bijak dalam melakukan aktivitas yang berhubungan dengan internet. Semoga bermanfaat.

 

15 Mei 2017

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat