Cara Menghemat Baterai Smartphone dengan Benar

01/05/2017    Maykhel David    1093     Artikel Bebas

Kapasitas batre smartphone saat ini sudah banyak yang cukup besar, namun kendala yang ada masih saja sama, pengguna merasa bahwa batre smartphone yang dimilikinya agak boros. Mengapa bisa demikian?

Yang pasti penggunaan smartphone kemungkinan tidaka wajar. Kenapa? Diantara kalian mungkin ada sebagian yang memiliki hobi bermain game di smartphone, kebiasaan ini akan membuat batre smartphone kalian akan cepat habis karena kinerja prosessor dan pengolah grafis akan bekerja secara penuh ketika kalian bermain game, sehingga menyebabkan batre cepat habis. Dan jangan bermain game ketika handphone sedang dalam pengisian daya, karena akan menimbulkan panas pada batre yang akan berpengaruh pada umur batre.

Tahukah kalian bahwa ada beberapa cara yang sebenarnya agak keliru tentang cara menghemat batre smartphone. Misalnya, pembersihan recent apps. Tahukah kalian bahwa melakukan pembersihan atau menghapus semua recent app tidak akan menghemat baterai, Malah yang sebenarnya terjadi akan membuat  prosessor smartphone bekerja lebih keras saat membuka kembali aplikasi yang telah di hilangkan dari recent apps karena harus membangun kembali cache yang telah terhapus.

Cara termudah untuk menghemat adalah mematikan aktifitas GPS dan sinkronisasi pada smartphone android kalian, dengan begitu aktifitas data internet terdapat dikurangi dan yang pasti akan menghemat baterai sekaligus kuota internet. Tetapi dengan cara tersebut aktifitas push atau notifikasi realtime akan terhambat sampai kalian merefresh aplikasi secara manual.

Dan cara terakhir yang saya rasa cukup ampuh untuk menghemat batre smartphone adalah dengan menonaktifkan sinyal 4g pada handphone, atau hanya menggunakannya untuk keperluan tertentu yang membutuhkan koneksi internet yang cepat. Atau jika tersedia mungkin kalian bisa menggunakan wifi dan mengaktifkan airplane mode agar batre smartphone kalian dapat bertahan lama.

Baiklah teman-teman, sekarang pilihan ada di tangan kalian, jika ingin full produktifitas seperti aplikasi chat, email, dan yang lainnya yang membutuhkan  koneksi internet mungkin akan memakan daya baterai lebih. Atau kalian juga bias menggunakan fitur Airplane Mode dan hanya mengaktifkan Wifi untuk koneksi internet jika tersedia.

Demikian artikel kali ini yang membahas tentang bagaimana cara yang benar untuk menghemat batre. Semoga dapat bermanfaat

 

Tips dan Trik

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More