Cara Mengganti Warna Background Dengan Cepat

12/05/2019    Indah Puspitasari    390     Desain

Adobe Photoshop adalah editor grafis raster yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Adobe Inc. untuk Windows dan macOS. Awalnya dibuat pada tahun 1988 oleh Thomas dan John Knoll. Sejak itu, perangkat lunak ini telah menjadi standar industri tidak hanya dalam pengeditan grafik raster, tetapi juga dalam seni digital secara keseluruhan. Photoshop dapat mengedit dan menyusun gambar raster dalam berbagai lapisan dan mendukung masker, pengomposisian alfa, dan beberapa model warna termasuk RGB, CMYK, CIELAB, warna spot, dan duotone.

Photoshop menggunakan format file PSD dan PSB sendiri untuk mendukung fitur-fitur ini. Selain grafik raster, perangkat lunak ini memiliki kemampuan terbatas untuk mengedit atau membuat teks dan grafik vektor (terutama melalui jalur kliping untuk yang terakhir), serta grafik dan video 3D. Set fiturnya dapat diperluas dengan plug-in, program dikembangkan dan didistribusikan secara independen dari Photoshop yang berjalan di dalamnya dan menawarkan fitur baru atau yang ditingkatkan. Perangkat lunak komputer ini memiliki kelebihan pada kelengkapan fitur desain grafis dan olah fotonya. Toolbox yang tersedia dapat dipahami dan digunakan secara mudah dan cepat oleh pengguna yang masih belum berpengalaman sekalipun. Penggunaan Layer untuk memisahkan antar komponen gambar dan teks juga sangat membantu desainer dalam menyusun dan mengolah desainnya.

Untuk mempercantik gambar atau foto, Adobe Photoshop juga menyediakan fitur Filter yang bisa dipakai secara instan. Untuk pengguna tingkat lanjut, fitur seperti Styles dan Blending Options memberikan keleluasaan bagi desainer untuk berkreasi secara maksimal sesuai kreativitasnya. Banyak sekali sebenernya kegunaan photoshop itu tidak hanya untuk mengedit foto atau gambar saja, bisa membuat desain poster, template yang lainnya. Namun disini saya ingin memberikan salah satu kegunaan photoshop yaitu mengubah warna background dengan cepat dan mudah.

Pertama disini saya memiliki gambar bunga yang menggunakan background berwarna biru. Yang ingin saya ubah warnanya menjadi warna lain misalnya warna ungu yah.

Cara Mengganti Warna Background Dengan Cepat

Klik menu image > adjusments > hue/saturation.

Cara Mengganti Warna Background Dengan Cepat

Lalu akan muncul pengaturan seperti gambar dibawah ini. Teman-teman bisa samakan pengaturannya atau ingin mengatur sesuai selera warna yang teman-teman inginkan itu tidak masalah yah. Namun jika telah selesai jangan lupa klik Ok.

Cara Mengganti Warna Background Dengan Cepat

Sehingga warna backgroundnya akan berubah dengan cepat tanpa perlu kita seleksi terlebih dahulu, karena itu akan memakan waktu yang lama.

Cara Mengganti Warna Background Dengan Cepat

Nah bagaimana teman-teman mudah bukan cara mengubah warna pada gambar ini. Ini adalah salah satu cara dari sekian banyak cara. Selamat mencoba yah semoga bermanfaat :)

Photoshop

Belajar Membuat Website dari Nol

Pelajarannya mudah dipahami, orang awampun pasti bisa.

Learn More

Belajar Membuat Website dari Nol

Pelajarannya mudah dipahami, orang awampun pasti bisa.

Learn More