Cara Menggabungkan Dua Tabel

31/12/2017    Risman Hakim    30885     Website

Cara Menggabungkan Dua Tabel - Tentu kita tahu didalam SQL ada beberapa fungsi yang bisa kita gunakan untuk menggabungkan tabel-tabel dan menampilkan data. Nah, jika kalian yang ingin mencoba menggabungkan dua tabel dan masih bingung bagaimana cara membuatnya, berikut ini akan saya bahas cara menggabungkan dua tabel.
Pada kasus kali ini kita akan menggabungkan dua tabel di MySQL yakni dengan memanfaatkan fungsi dari inner join, fungsi inner join itu sendiri merupakan perintah untuk menampilkan semua data yang mempunyai nilai yang sama. Itu artinya dari dua tabel yang kita miliki harus memiliki syarat yakni datanya harus berelasi atau berhubungan, dengan syarat seperti itu kita sudah bisa menggabungkan dua tabel dan menampilkan data tentunya.

Cara Menggabungkan Dua Tabel

Baiklah berikut ini akan saya praktekan bagaimana cara menggabungkan dua tabel di MySQL, sebelumnya silahkan kalian buat terlebih dahulu dua tabel yang berisikan datanya seperti berikut.

 

Dari tabel diatas kita telah mempunyai data yang akan berelasi yakni id pada tabel rsh_admin sebagai primary key dan id_data yang ada pada tabel rsh_data sebagai foreign key. Setelah itu barulah kita akan menggabungkan kedua tabel diatas dimana pada kasus ini saya akan menampilkan username, password, nama dan email dari kedua tabel diatas dengan menggunakan fungsi inner join, berikut SQL untuk menggabungkan tabel diatas.

 

SELECT rsh_admin.username, rsh_admin.password, rsh_data.nama, rsh_data.email
FROM rsh_admin INNER JOIN rsh_data
ON rsh_admin.id = rsh_data.id_data

Untuk data yang akan ditampilkan silahkan sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing, dan pastikan nama tabel dan nama field yang ada pada tabel sama dengan kode SQL diatas, jika sudah maka hasil outputnya akan seperti gambar berikut ini.

Nah bagaimana mudah bukan cara menggabungkan dua tabel ? untuk fungsi lain yang ada pada SQL untuk menggabungkan tabel kalian bisa baca  Perbedaan Inner Join, Left Join, Right Join, dsb.

Baik cukup sekian artikel mengenai bagaimana cara menggabungkan dua tabel, semoga bermanfaat sampai jumpa diartikel selanjutnya.

Artikel, PHP, MySQL

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More