Cara Mengetahui Penyebab Terjadinya Blue Screen

Bagi kalian para pengguna komputer atau laptop pasti pernah mengalami Blue Screen. Ketika sedang fokus bekerja, sedang serius menyelesaikan makalah, dan lain sebagainya bila blue screen terjadi pasti kalian merasa sangat kesal. Tahukah kalian penyebab sebenarnya blue screen terjadi? Bagi kalian yang belum mengetahuinya bisa menyimak artikel berikut ini cara mengetahui penyebab terjadinya blue screen.

Bagi kalian para pengguna sistem operasi Windows pasti pernah mengalami blue screen atau bahkan sering mengalaminya seminggu bisa berkali – kali terjadi, baik pada komputer desktop maupun laptop. Hal tersebut akan menjadi masalah ditengah – tengah hal penting yang sedang kalian kerjakan. Sebelum mengetahui penyebab terjadinya blue screen alangkah baiknya kalian mengenal terlebih dahulu apa itu blue screen. Layar biru yang tiba – tiba muncul ditengah – tengah proses pengerjaan aktivitas komputer atau laptop biasanya di sebut blue screen atau biasa juga dikenal BSOD (Blue Screen of Death) hal tersebut terjadi karena software atau hardware pada komputer atau laptop mengalami crash atau konflik sehingga terdapat kesalahan fatal pada sistem Windows yang mengarah pada blue screen dengan menampilkan beberapa pesan kesalahan.

Munculnya pesan blue screen pada komputer atau laptop akan sangat mengganggu dan bila sering terjadi tentunya akan membuat pengguna merasa jengkel, terutama jika pada saat bekerja kemungkinan kalian akan kehilangan data yang sedang dikerjakan. Jika blue screen terjadi hanya ada dua pilihan yang bisa kalian lakukan, yakni me-restart atau shut down (mematikan) komputer secara langsung.

Blue screen terjadi saat sistem windows mengalami kesalahan sistem komputer. Terdapat beberapa hal yang menyebabkan Blue Screen of Death terjadi, karena konflik dan crash pada driver atau file yang mengalami kerusakan pada sistem windows.

Selain itu, bisa juga dikarenakan pemasangan hardware yang tidak sesuai pada komputer yang dapat menyebabkan blue screen, serta instalasi software yang tidak mendukung sistem windows dapat juga menyebabkan crash pada sistem, sehingga blue screen dapat terjadi. Masalah blue screen lainnya ialah terjadinya kesalahan pada RAM, Hardisk yang memiliki bad sektor, konektor kabel tidak terpasang dengan benar atau kerusakan port komputer.

Itulah yang menjadi penyebab terjadinya blue screen, bagi kalian yang belum mengetahuinya bisa membaca artikel hari ini, cara mengetahui penyebab terjadinya blue screen dan pada artikel selanjutkan akan dibahas mengenai cara mudah mengatasi terjadinya blue screen.

16 Februari 2017

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat