Cara Mengetahui Password WordPress yang Lupa dan Cara Mengubahnya

28/09/2019    Surya Chandra Gobel    61     Website

Biasanya sebelum kita login ke dalam akun wordpress, pastinya harus login dengan username, email dan password yang sudah dibuat. Namun, terkadang ada saja kendala seperti lupa akun untuk loginnya. Pertanyaan yang sering keluar dari para user wordpress yang lupa akunnya, yaitu bagaimana Cara Mengetahui Password WordPress yang Lupa dan Cara Mengubahnya ? Sebelum kita ke pembahasan inti, kita perlu tahu tentang bagian dari wordpress, yaitu phpMyAdmin.

Apa Itu phpMyAdmin ?

Sebelum kita masuk ke bagian phpMyAdmin, kita perlu tau apa itu database. Database merupakan sebuah tempat kumpulan data dan informasi yang disimpan secara sistematik. Hal pertama yang harus kita lakukan sebelum membuat website, yaitu konfigurasi database. Salah satu database yang sering dipakai, yaitu MySQL.

Apa hubungannya hal di atas tersebut dengan phpMyAdmin ? Dari salah sumber mengatakan bahwa phpMyAdmin merupakan suatu aplikasi yang ditulis dengan bahasa pemrograman PHP yang digunakan untuk menangani administrasi MySQL. Jadi, phpMyAdmin ini dapat membantu kita dalam mengelola database MySQL seperti membuat database, melakukan query, mengelola tabel dan lainnya.

Oke, jika kita sudah paham sedikit mengenai phpMyAdmin, sekarang kita lanjut ke inti pembahasan.

Cara Mengubah Password WordPress

Lewat aplikasi phpMyAdmin ini, kita bisa mengelola tabel yang menyimpan data website. Wordpress sendiri termasuk website yang bisa kita ubah username dan passwordnya dengan mudah. Nah, untuk cara reset password WordPress, ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Login cPanel Hosting

login cpanel

Sebelum mengubah password Wordpress, pastikan bisa mengakses cPanel website kita. Untuk login ke cPanel bisa akses link seperti berikut ini namadomain.com/cpanel. Jika link tersebut tidak bisa diakses, coba hubungi pihak hosting tempat di mana kalian sewa hosting.

2. Memilih phpMyAdmin

Setelah masuk ke halaman cPanel, ketik "phpmyadmin" pada kolom pencarian. Maka akan muncul aplikasi phpMyAdmin, lalu klik aplikasi tersebut.

3. Memilih Database WordPress

Setelah masuk ke halaman phpMyAdmin, pilih database yang pernah kalian buat atau pilih database yang dipakai untuk website Wordpress kalian. Pastikan website kalian memang mempunyai database. Namun, jika kalian tidak tau nama database untuk website kalian, coba tanyakan kepada pihak hosting, supaya mendapat panduan untuk mengetahui nama database website kalian.

4. Memilih Tabel wp_user

Setelah memilih database website Wordpress, silakan kalian cari tabel user. Biasanya tabel user memiliki ciri-ciri bernama "wp_users" (selalu ada kata "user") dan diawali dengan prefix database yang digunakan (contoh "wp"). Pada contoh yang kami berikan, prefix yang kami gunakan yaitu "wp1b", lebih panjangnya bernama "wp1b_users".

5. Mengubah Password WordPress

Setelah menemukan "wp_users", kalian pilih username yang digunakan untuk login ke Wordpress. Di sini jangan lupa kalian centang kotak kecil bertuliskan "Check all", lalu klik Edit. Kemudian ada banyak kolom, jika kalian hanya ingin mengubah password, langsung saja edit kolom "user_pass", pilih Function-nya "MD5", lalu pada bagian Value-nya terdapat kolom berisi password yang sebelumnya kalian lupa, di sini kalian bisa buat password baru. Jika kalian bertanya, kenapa harus pilih "MD5" ? Ini tujuannya untuk melindungi password (hash password). Terakhir klik "Go", maka password website Wordpress kalian telah berubah.

Bagaimana dengan tutorial Cara Mengetahui Password WordPress yang Lupa dan Cara Mengubahnya ? Jika masih ada yang membingungkan, kalian bisa kirim pesan kepada kami. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat untuk kalian.

referensi: www.domainesia.com/panduan/cara-mengubah-password-wordpress

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More