Cara Mengetahui Keunggulan Smartphone

23/02/2017    Alfiana Irsyada Salma    1119     Teknologi

Zaman sekarang, para produsen vendor smartphone berlomba – lomba menciptakan sebuah smartphone yang dibekali dengan RAM besar. Saat ini saja, smartphone Android sudah menghadirkan smartphone yang dibekali RAM hingga 6GB. Sebenarnya, perlu kalian ketahui saat membeli smartphone selain memilih smartphone karena kapasitas RAM besar kalian juga harus mengetahui hal lainnya. Berikut ini ada beberapa cara mengetahui keunggulan smartphone untuk kalian agar tidak salah pilih dan supaya smartphone bisa digunakan dalam jangka waktu panjang.

RAM

Faktor pertama yang perlu kalian lihat saat memilih smartphone ialah RAM, berapa besar kapasitas RAM tersebut. RAM atau Random Access Memory berfungsi untuk menjalankan aplikasi, menampung aplikasi sistem, dan menjalankan sistem operasi. RAM memang bukan alasan pertama kamu memilih smartphone, tetapi jika kalian memilih RAM yang berkapasitas besar maka akan memberikan performa yang lebih baik pada kinerja smartphone.

CPU

CPU atau Central Processing Unit merupakan dapur pacu pada smartphone. Semakin padat CPU menerima aplikasi maka akan semakin lambat proses kinerja smartphone dan dapat mengakibatkan smartphone menjadi mudah panas dan terasa lambat, hal tersebut dikarenakan dapur pacu terlalu padat. Banyak pilihan CPU yang ditawarkan vendor smartphone mulai dari Snapdragon, Exynos, MediaTek, Intel, dan Kirin. Dari keseluruhan itu, yang paling populer dan yang mampu menyajikan performa smartphone dengan cepat adalah Snapdragon dan Exynos.

GPU

GPU atau Graphics Processing Unit hampir mirip dengan CPU hanya saja GPU lebih fokus kedalam satu hal, yakni Grafis. Kalian harus memilih GPU yang bagus karena akan mempengaruhi seberapa cepat smartphone mengelola gambar atau video, seperti foto dan bermain game. Smartphone yang dilengkapi dengan GPU Adreno dikenal lebih baik bila dibandingkan dengan yang menggunakan Mali atau PowerVR.

Clock Speed

Hal yang satu ini terkadang tidak diperhatikan para konsumen saat membeli smartphone, kebanyakan konsumen selalu melihat RAM dan jenis prosesor-nya saja tanpa memperhatikan Clock Speed CPU-nya. Padahal perlu kalian ketahui bahwa Clock Speed dapat mempengaruhi kecepatan smartphone. Seperti prosesor Octa-core 1.0GHz vs prosesor Quad-core 2,5GHz dari kedua prosesor tersebut yang paling cepat kinerjanya ialah prosesor Quad-core 2,5GHz karena memiliki 4 inti prosesor yang masing – masing bekerja di kecepatan 2,5GHz jika bekerja bersamaan maka akan dihasilkan Clock Speed 10GHz.

UI

UI atau User Interface biasa dikenal dengan Launcher. Tampilan yang dijalankan smartphone tentu akan mempengaruhi performanya. Seperti UI miliki Xioami MIUI yang lebih ringan dan cepat jika dibandingkan dengan Zen UI milik Asus, lebih boros menguras RAM. Namun, jika para pengguna smartphone bosan dengan UI bawaan pengguna kalian bisa dengan mudah mengubahnya menggunakan berbagai aplikasi Launcher terbaik. Selain bisa mempengaruhi kecepatan, launcher juga bisa mempengaruhi baterai smartphone.

Cara mengetahui keunggulan smartphone bisa kalian ketahui dan cermati terlebih dahulu sebelum memilih smartphone yang nantinya melengkapi keseharian pengguna. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Social Media, Browser, Software, Artikel, Tips dan Trik, Inspirasi, IT, Android

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More