Cara Mengetahui Hardisk Yang Sudah Rusak

Di dalam komputer hardisk merupakan bagian paling penting, karena hardisk adalah tempat menyimpan berbagai data – data. Hardisk menjadi bagian paling penting di dalam sistem komputer seperti menyimpan data pekerjaan hingga game. Namun, saat hardisk bermasalah pasti kalian akan kesusahan. Oleh karena itu, kalian harus paham cara mengetahui hardisk yang sudah rusak.

Tahukah kamu ciri – ciri sebuah hardisk bila sudah rusak? Banyak pengguna hardisk tidak mengetahui bahwa hardisk tersebut telah rusak dan harus segera diperbaiki. Karena hardisk sama halnya dengan barang elektronik yang mudah rusak dan ketika terjadi hal – hal yang tidak biasanya harus segera diperbaiki sebelum mengalami rusak total. Berikut ini ciri – ciri hardisk yang sudah rusak yang dapat kalian waspadai dan segera atasi.

Pertama, Komputer atau Laptop Terasa Sangat Lambat. Jika kalian memiliki sebuah hardisk yang rusak, biasanya proses – proses komputer nantinya akan terasa begitu sangat lambat. Jika hal tersebut sudha kalian alami, sebaiknya segera mengambil tindakan untuk melakukan pengecekkan hardisk. Jadi, jika kalian sudah mulai merasa kinerja komputer atau laptop sudah melambat jangan terlalu dipaksakan bekerja terlalu berat atau jangan memaksakan menyimpan file berat hingga kapasitas full.

Kedua, Data File Mengalami Kerusakan. Ciri yang kedua ialah file data akan sering mengalami kerusakan. Meskipun kalian tidak melakukan hal apapun, secara tiba – tiba kalian membuka file data tersebut akan rusak begitu saja tak dapat terbaca.

Ketiga, Mengeluarkan Suara Dari Hardisk. Jika kalian mulai mendengar suara aneh yang keluar dari hardisk, kalian harus sangat waspada karena hal tersebut menandakan hardiskmu rusak. Biasanya suaranya berbunyi “Kretek – kretek” suara tersebut akan muncul terus – menerus dan lama kelamaan akan terdengar kencang bunyinya.

Keempat, Mengalami Blue Screen. Jika komputer atau laptop kalian tidak mau booting atau bahkan sampai blue screen, dan setelah di install ulang tetap terjadi blue screen hal tersebut menandakan bahwa hardiskmu rusak. Jadi, patut diwaspadai jika hal tersebut mulai terjadi pada komputer atau laptop kalian.

Kelima, Hasil Cek Software Menandakan Tidak Sehat. Hal terakhir yang kalian perlu ketahui adalah hasil dari pengecekan software. Untuk mengecek apakah hardisk kalian benar – benar rusak adalah dengan pengecekan software, kalian bisa menginstal software “Acronis Drive Monitor”. Jika terindikasi hardisk kamu rusak, maka software tersebut akan memberitahu kerusakannya.

Jadi, bagi teman – teman yang belum mengetahui ciri – ciri hardisk rusak, sebaiknya kalian bisa membaca artikel hari ini yakni, cara mengetahui hardisk yang sudah rusak. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Pada artikel selanjutnya saya akan membahas mengenai cara mudah mengatasi hardisk yang sudah rusak.

8 Februari 2017

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat