Cara Mengatur Auto Save Recovery di Photoshop

03/03/2020    Aulia Rahmah Alhafidz    1759    Desain

Cara Mengatur Auto Save Recovery di Photoshop - Untuk kamu yang sering mendesain di Photoshop, apa kalian pernah merasa sedih dan kesal saat laptop atau komputermu tiba-tiba mati atau terjadi error? Hal yang pertama kali kamu bayangkan pasti "yah, gimana dong udah edit banyak hilang ga ya?", "huhu datanya hilang nih pasti", "aaa males ngulang lagi!", "coba ada fitur simpan otomatis di Photoshop!" dan bayangan lainnya yang kalian khawatirkan.

Padahal, Adobe Photoshop sudah memiliki fitur simpan otomatis loh! Dan secara default, Photoshop akan menyimpan desain yang kita buat setiap 10 menit. Sangat lumayan, bukan?

Tapi, jika kamu berpikir "bisa kurang dari itu ga, biar tenang aja kalau lagi desain?". Jawabannya adalah "bisa!". Kita bisa mengatur auto save recovery di Photoshop dengan sangat mudah. Jika kamu memiliki kendala dan ingin tahu cara mengatur fitur simpan otomatis ini, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Pilih menu Edit > Preferences > File Handling....

Simpan Otomatis di Photoshop

2. Pada bagian Automatically Save Recovery Information Every, kamu bisa memilih pilihan dari 5 menit hingga 1 jam. Setelah itu, klik OK.

Simpan Otomatis di Photoshop

Nah, begitulah caranya. Sangat mudah bukan? Oh iya, dalam artikel ini, saya menggunakan Adobe Photoshop CS6 ya.

"Tapi, cara membuka file yang tersimpan otomatis itu bagaimana?"

Biasanya, saat laptop atau komputer kamu error atau mati, lalu kamu membuka aplikasi Photoshop setelah laptop atau komputer menyala kembali, nanti akan muncul Pop-up yang bertanya apakah kita akan membuka file tersebut atau tidak.

Tapi, ada kalanya komputer pun tidak memunculkan apa pun dan hanya membuka aplikasi Photoshop seperti biasa. Nah, jika hal seperti ini terjadi, kamu bisa mengecek file-nya di C:\Users\Nama User\AppData\Roaming\Adobe\Adobe Photoshop CS6

Kamu akan melihat file seperti ini contohnya:

Simpan Otomatis di Photoshop

Dan setelah itu, kamu bisa membuka dan menyimpannya kembali.

Bagaimana? Cara ini sangat mudah dan bermanfaat bukan? Jadi, kamu tak perlu terlalu khawatir data desainmu hilang karena adanya fitur simpan otomatis di Photoshop. Namun, sebagai antisipasi, kamu harus mengusahakan untuk menyimpan file desainmu (Ctrl + S) setiap kali ada perubahan ya! :)

Selamat mencoba! ~

No data.

Belajar Membuat Website dari Nol

Pelajarannya mudah dipahami, orang awampun pasti bisa.

Learn More

Belajar Membuat Website dari Nol

Pelajarannya mudah dipahami, orang awampun pasti bisa.

Learn More
chatarrow