Cara Mengatasi Virus Berbahaya Pada Komputer

22/04/2017    Alfiana Irsyada Salma    1550     Teknologi

Virus komputer merupakan suatu program parasit yang terletak di sebuah perangkat komputer, virus komputer mampu berkembang dan menyebar ke komputer lainnya. Misalnya, virus dapat menyebar pada saat user melakukan transfer file dari komputer satu ke komputer lain melalui media perantara berupa Flashdisk atau Hardisk. Oleh karena itu, kalian harus mengetahui cara mengatasi virus berbahaya pada komputer.

Virus komputer dapat berbahaya bagi komputer kalian, karena akan mampu merusak data – data pada komputer, memperburuk kinerja komputer (menjadi lambat atau hang saat digunakan), dan lain sebagainya. Terdapat jenis virus komputer seperti trojan, memory resident virus, direct action virus, fat virus, dan macro virus. Beberapa virus tersebut dapat kalian ketahui pada artikel hari ini dan kalian juga akan mengetahui bagaimana cara mengatasi komputer agar tidak terjangkit virus tersebut. Berikut ini akan dijelaskan mengenai kelima jenis virus komputer dan cara mengatasinya.

Trojan

Pertama ialah Virus Trojan merupakan jenis virus komputer yang mampu untuk mengontrol atau bahkan mencuri data – data yang ada pada sebuah perangkat komputer. Biasanya virus Trojan muncul melalui internet dan juga email yang diterima oleh user. Untuk mengatasinya, gunakanlah software Trojan Remover. Kalian dapat menginstall software tersebut untuk mencegah komputer agar tidak terjangkit virus trojan.

Memory Resident Virus

Cara mengatasi virus berbahaya pada komputer lainnya ialah dengan cara teliti. Berikut ini virus kedua, yakni Memory Resident Virus merupakan jenis virus yang dapat menginfeksi memori pada komputer. Efek yang ditimbulkan ialah dapat membuat kinerja komputer menjadi lambat dan kurang maksimal. Cara mengatasinya dengan menggunakan antivirus seperti Avast, Avira, Smadav, dan lain sebagainya.

Direct Action Virus

Direct Action Virus mampu menginfeksi jenis file Bat Autoxec yang terletak pada direktori hardisk. Biasanya virus ini aktif saat sistem operasi pertama kali melakukan booting. Selain itu, direct action virus mampu menginfeksi perangkat eksternal seperti hardisk dan flashdisk, dimana mampu membuat virus ini menyebar dari komputer satu ke komputer yang lain. Cara mengatasinya dengan melakukan Scanning secara teratur dengan menggunakan antivirus, sangat mudah bukan?

FAT Virus

File Allocation Table (FAT) Virus merupakan jenis virus komputer yang mampu merusak file – file pada direktori tertentu. File yang terinfeksi biasanya akan disembunyikan, jadi seakan – akan file tersebut menghilang. Bila kamu pernah mengalami kehilangan beberapa file secara misterius bisa jadi karena terjangkit FAT Virus. Cara mengatasinya dengan menggunakan antivirus, sama halnya dengan yang lain.

Macro Virus

Macro virus dasarnya hanya mampu menginfeksi file – file makro seperti .docm, .xls, .pps dan sejenisnya. Biasanya Macro Virus sering muncul dari email yang kalian terima. Cara mengatasinya dengan tidak membuka email yang masuk, jika menurut kalian email tersebut mencurigakan.

Bagaimana teman – teman cara mengatasi virus berbahaya pada komputer sangat mudah kalian ketahui dan terapkan, bukan? Semoga kedepannya komputer kita semua tidak lagi terjangkit virus menyebalkan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat

Social Media, Browser, Software, Artikel, Tips dan Trik, Inspirasi, website, IT, Android

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More