Cara Mengatasi Video yang Zoom in di Media Player Menjadi Normal

29/06/2019    Surya Chandra Gobel    903     Teknologi

Belakangan ini banyak orang mengalami hal tak biasa saat putar video pada media player. Hal tak biasa tersebut berupa video yang ketika diputar tidak memenuhi layar media player atau pada layar media player ukuran video zoom in seperti terpotong. Padahal sebelumnya video bisa diputar dengan full pada layar media player. Memang hal tersebut terjadi setelah selesai edit dari aplikasi Adobe Premiere.

Ternyata masalah memang datangnya dari fitur yang ada pada aplikasi Adobe Premiere. Biasanya jika tidak diatur, maka defaultnya akan seperti itu, membuat video yang beresolusi tinggi menjadi zoom in atau terpotong. Fitur tersebut berada pada menu yang memang jarang diketahui orang-orang pemula dan jarang orang yang utak-atik. Nama menunya yaitu Sequence, di mana pada menu tersebut terdapat fitur 360° yang membuat video beresolusi tinggi menjadi zoom in atau seperti terpotong jika media player tidak support.

Nah, lalu bagaimana Cara Mengatasi Video yang Zoom in di Media Player Menjadi Normal ? Kalian bisa ikuti cara mengatasinya di bawah ini.

- Buka aplikasi Adobe Premiere nya.
- Import file video yang sebelumnya masih normal atau belum diedit atau upload file yang bermasalah tersebut.
- Kemudian dari panel Project pindahkan video tersebut ke panel Timeline.
- Pergi ke bagian atas ada menu Sequence, lalu pilih Sequence Settings.
- Pada jendela ini, atur Editing Mode menjadi Custom.
- Pada Timebase atur menjadi ukuran 30FPS atau 60FPS, supaya video tidak mengalami patah-patah.
- Kemudian pada bagian Video, Frame Size atur menjadi ukuran yang sesuai keinginan.
- Pada Pixel Aspect Ratio atur menjadi Square Pixels (1.0).
- Tahap terakhir ini perlu kalian perhatikan, karena yang membuat video menjadi Zoom in ada di pengaturan ini. Pada bagian VR Properties, atur Projection menjadi None, otomatis Layout akan nonaktif, lalu OK.
- Selanjutnya seperti biasa, langsung Export, Media ..., lalu bagian paling bawah ada VR Video, langsung saja unchecklist Video Is VR, Export dan tunggu proses rendering selesai.

Bagaimana ? Apakah video yang kalian miliki sekarang sudah normal kembali ? Itulah sedikit informasi mengenai Cara Mengatasi Video yang Zoom in di Media Player Menjadi Normal.

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More