Cara Mengatasi Video dan Audio Tidak Sinkron di Adobe Premiere

27/06/2019    Surya Chandra Gobel    539     Teknologi

Terkadang dalam edit video ada saja masalah yang tidak terduga yang tidak diinginkan. Salah satu masalah yang sering dialami, yaitu audio dan video delay tidak berjalan bersamaan. Hal ini terjadi, karena source video yang dimasukkan dalam aplikasi editing tidak sesuai dengan spek PC (notebook, laptop, komputer). Biasanya video yang mau diedit mempunyai resolusi yang cukup tinggi, sehingga aplikasi tidak sanggup untuk menjalani proses editing, apalagi jika spek PC kurang mendukung.

Biasanya banyak orang yang memakai aplikasi Adobe Premiere untuk edit videonya. Aplikasi ini sebenarnya cukup berat bagi PC dengan spek tidak mumpuni. Kalau sudah begitu, mau tidak mau harus diakali dengan berbagai cara agar video bisa diedit pada aplikasi Adobe Premiere. Lalu bagaimana Cara Mengatasi Video dan Audio Delay (Tidak Sinkron) Saat Edit di Adobe Premiere ? langsung saja ikuti tutorial berikut ini.

- Jika kalian belum mempunyai aplikasi "Handbrake", maka download dan install aplikasi tersebut.
- Setelah download dan install aplikasi tersebut, buka aplikasi tersebut.
- Kemudian buka file video yang mau diedit.
- Kemudian lakukan pengaturan pada 2 bagian menu, yaitu Summary dan Video.
- Pada menu Summary yang perlu diatur hanya bagian Format, di sana hanya perlu centang bagian Web Optimized saja.
- Setelah itu ke menu Video, pada menu ini hanya perlu atur bagian Framerate saja, FPS bisa ubah jadi 30 FPS atau 60 FPS, lalu pilih Constant Framerate.
- Selanjutnya tentukan tempat menyimpan file di mana pada bagian Browse.
- Terakhir, tekan Start Encode, tunggu sampai proses Encoding selesai dan muncul tulisan Queue Finished di bagian kiri bawah.

Sebenarnya aplikasi Handbrake ini berfungsi untuk apa sih ? Jika kalian menyadarinya, aplikasi ini berfungsi untuk convert video atau audio menjadi ke ukuran yang ingin kalian sesuaikan. Jadi, sebenarnya tanpa kalian memakai aplikasi ini, jika memang ada aplikasi converter yang lebih baik daripada Handbrake, bisa kalian pakai. Namun, saya menyarankan memakai ini, karena ada fitur untuk optimasi web supaya support dengan video yang diupload.

Bagaimana ? apakah video sudah tidak delay lagi ? Semoga Cara Mengatasi Video dan Audio Delay (Tidak Sinkron) Saat Edit di Adobe Premiere bermanfaat untuk kalian.

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More