Cara Mengatasi Sudah Perpanjang Domain, Tetapi Domain Masih Expired

29/05/2019    Surya Chandra Gobel    164     Website

Anda pasti pernah mengalami masa-masa di mana domain milik Anda masuk masa tidak aktif. Hal ini merupakan hal yang biasa terjadi jika sewa domain sudah satu tahun atau tergantung berapa lama masa sewa. Oleh karena itu, pemilik domain harus perpanjang masa sewa domainnya. Pemilik harus masuk ke akun tempat dia menyewa hosting tersebut atau cek email invoice perpanjang domain, lalu lakukan pembayaran dan konfirmasi.

Biasanya jika sudah melakukan pembayaran untuk perpanjang masa aktif domain, maka domain akan langsung bisa digunakan. Namun, masalahnya terkadang pemilik domain lupa untuk perpanjang masa sewa domain, sehingga yang terjadi domain tidak bisa diakses atau masuk masa expired. Walau pun hanya satu hari saja telat melakukan perpanjangan domain, tetap terkena expired. Nah, kalau sudah seperti itu, seharusnya bagaimana ?

Sebenarnya sangat mudah untuk mengatasi masalah tersebut. Kita sebagai pemilik domain hanya tinggal melakukan pembayaran untuk perpanjang sewa domain. Namun, sebelum melakukan pembayaran, wajib bertanya kepada hosting tempat kita menyewa domain. Kemudian, jika masih diberikan kesempatan untuk perpanjang domain, maka segera lakukan pembayaran.

Setelah melakukan pembayaran, biasanya domain akan segera aktif kembali. Namun, jika belum aktif, maka ada kemungkinan karena Anda sebagai pemilik domain lewat satu hari melakukan pembayaran dari saat masuk masa tenggang. Nah, ini merupakan salah pertanyaan yang sering dilontarkan pemilik domain jika domain saya terlanjur expire dan baru perpanjang domain, bagaimana cara mengatasinya ?

Jawabannya saya kutip dari hosting rumahweb:

Domain yang expire mengalami perubahan Nameserver (diubah menjadi Nameserver milik registrar domain). Saat Anda memperpanjang domain tersebut, domain akan diubah kembali ke Nameserver yang sebelumnya Anda gunakan. Namun, perubahan tersebut memerlukan waktu 6 - 48 jam untuk dapat menyebar di internet.

Oleh karena itu, jika Anda memperpanjang domain yang sudah terlanjur expire (meski hanya lewat 1 hari), maka untuk bisa aktif dan diakses kembali butuh waktu antara 6 - 48 jam.

Terimakasih sudah berkunjung ke artikel ini, semoga bermanfaat.

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More