Cara Mengatasi Noise Input Audio dari Smartphone ke PC

27/06/2019    Surya Chandra Gobel    66     Teknologi

Saat ini semakin banyak orang upload konten gaming ke Youtube, entah tujuannya hanya iseng atau memang ingin diperdalam menjadi Youtuber. Hal ini mereka lakukan karena ada iming-iming mendapatkan uang jutaan rupiah dari Youtube, jika mempunyai subscriber dan viewer yang banyak. Biasanya Youtuber tersebut melakukan streaming di Youtube dan social media lainnya. Namun, yang tidak pernah diketahui oleh para Youtuber pemula tersebut, yaitu jam tayang yang harus mereka capai sebanyak 4000 jam dan konsisten saat upload konten.

Biasanya para streamer memakai alat-alat khusus untuk streaming, salah satunya yaitu webcam, microphone, smartphone, headset gaming, kabel AUX dan extension lainnya. Untuk aplikasi streaming biasanya memakai OBS Studio, di mana untuk mengambil gambar dari smartphone butuh aplikasi mirroring. Sayangnya, aplikasi mirroring hanya menghasilkan gambar saja, tidak dengan suara. Agar bisa mengeluarkan suara saat mirroring, butuh sebuah alat, yaitu kabel AUX.

Nah, permasalahan yang sering terjadi ketika memakai kabel AUX untuk input audio dari smartphone ke PC, yaitu suara yang dihasilkan banyak noise atau sember. Hal ini membuat streaming menjadi rusak dan kemungkinannya tidak ada viewer yang mau menonton. Lalu bagaimana untuk mengatasi hal tersebut ? di Youtube banyak video yang membahas solusinya, tetapi rata-rata memerlukan extension lagi, padahal tidak perlu, kalian hanya perlu mengikuti Cara Mengatasi Noise Input Audio dari Smartphone Sebagai Microphone dengan Kabel AUX ke PC (notebook / laptop) berikut ini.

- Silakan kamu ke kanan bawah layar, lalu klik kanan pada icon Audio atau Speakers yang ada pada taskbar.
- Selanjutnya klik tulisan "Sounds".
- Selanjutnya akan muncul Sound window, di sini kalian langsung ke bagian "Recording", pilih Microphone mana yang akan dijadikan input audio.
- Setelah itu klik 2 kali pada Microphone yang dipilih, lalu langsung ke bagian "Listen", ceklis tulisan "Listen to this device", lalu pada bagian "Playback through this device" pilih speaker mana yang mau dijadikan output audio.
- Terakhir, ke bagian "Levels", pada bagian Microphone, jika levelnya bernilai 100, turunkan menjadi 50.

Bagaimana ? apakah sekarang suara yang masuk pada PC dari smartphone sudah jernih ? Semoga apa yang kami sampaikan tentang Cara Mengatasi Noise Input Audio dari Smartphone ke PC dapat bermanfaat untuk kalian.

Jika masih bingung bisa putar video berikut ini.

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More