Cara Mendapatkan API_KEY Google Map

Google Map telah menjadi aplikasi yang sangat berguna dan sangat besar penggunaannya. Setelah sangat lama tentunya kita pasti memiliki satu akun Google. Terutama para pengguna smartphone android,  dimana untuk dapat memaksimalkan penggunaan smartphone tentu harus memiliki setidaknya satu akun Google, termasuk dalam penggunaan sebagai navigasi menggunakan google map.

Namun tahukah kalian bahwa penggunaan google map kini sudah semakin canggih, sekarang ini sudah tersedia API untuk pengembangan aplikasi dengan menggunakan google map. API google map sendiri terdapat versi berbayar dan gratis, dimana masing masing versi wajib untuk memiliki API_KEY sebagai identitas api yang kita gunakan.

Cara mendapatkan API_KEY Google Map sangatlah mudah, kalian hanya perlu masuk ke Google Cloud Console dan login menggunakan akun Gmail atau akun Google kalian.

Pertama, kita buat project agar bisa mengaktifkan API Google Map dengan masuk ke halaman google console new project dengan klik disini buka di tab baru.

Berikan nama dan klik tombol Create, tunggu beberapa saat sekitar satu atau dua menit sampai project berhasil dibuat.

Sekarang kembali ke halaman pemilihan project atau masuk ke halaman berikut ini Klik Disini

Pada halaman kalian akan muncul dialog seperti berikut

Klik Select dan pilih project yang baru saja kita buat.

Lihat dan arahkan kursor ke API Manager pada menu sebelah kiri, dan klik Dashboard

 

Jika kalian baru pertama membuat membuka Google Cloud Console maka harus mengaktifkan API terlebih dahulu dengan mengklik tombol Enable API  seperti pada gambar berikut.

 

Selanjutnya kita akan melihat banyak sekali API yang bisa kita gunakan untuk pengembangan berbagai aplikasi, disini saya akan contohkan untuk pengembangan website, maka kita pilih pada bagian API Google Map untuk Javascript

 

Pada halaman selanjutnya klik tombol Enable API

 

Selanjutnya kita klik tombol Create Credentian yang berada di sebelah kanan pada gambar berikut

 

Sekarang kita pilih API yang akan kita gunakan, lalu klik tombol biru dibawahnya

 

Sekarang klik Done kita sudah mendapat API_KEY pada kolom Key seperti di bawah ini

Baiklah teman-teman dengan adanya API_KEY google map ini kita bisa memantau segala aktivitas yang dilakukan user yang menggunakan Aplikasi yang kita buat. Bagaimana? Mudah bukan? Pada artikel yang akan dating saya akan memberikan beberapa hal yang bisa kita lakukan menggunaan API_KEY google map.

26 Juli 2017

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat