Cara Mencari Broken Link di Wordpress

29/07/2017    Zulfa Itsna Rufaida    701     Marketing

Cara Mencari Broken Link di Wordpress – Broken link atau link rusak yang terdapat pada sebuah website sering kali merugikan kita. Mengapa broken link dianggap merugikan? Karena jika website kita memiliki broken link maka mesin pencari akan menilai sebuah website dengan reputasi yang buruk. Selain itu juga broken link akan berpengaruh terhadap SEO websitemu.

Google merupakan mesin pencari yang memiliki tujuan utama mempercepat dan mempermudah kita untuk menemukan website yang memuat konten yang kita cari. Google akan mengarahkan penggunanya menemukan situs web yang bagus dan tidak akan mengarahkan kita ke situs web yang memiliki link rusak.

Maka dari itu, bagi para pengguna wordpress kalian harus secara berkala memeriksa apakah situs kamu memiliki link yang rusak atau broken link. Karena hal ini sangat penting dalam membangun sebuah blog atau website. Jangan sampai ada pengunjung yang mengklik link yang tidak bisa di akses, yang ada nanti pengunjung websitemu kabur dan tidak lagi mengunjungi websitemu.

Dibawah ini adalah cara mencari broken link di wordpress, yuk kita simak dengan seksama teman-teman wink

Gunakanlah plugin broken links checker, plugin ini sangat user friendly karena sangat mudah digunakan dan pengguna tidak dipusingkan dalam mencari broken link. Kalian tidak perlu lagi mencari satu persatu link yang rusak, karena plugin broken links checker akan secara otomatis menemukan link yang rusak. Berikut cara menggunakan plugin broken links checker :

1. Download plugins broken links checker

2. Install dan aktifkan

3. Pergi ke settings

4. Pilih link checker dan kalian akan melihat 5 tab di bagian atas, yang harus kalian pilih yaitu tab general.

5. Pada tab general tandai ceklis pada Send me e-mail notification about newly detected broken links, Apply custom formatting to broken links dan Stop search engines from following broken links. Jika sudah tekan tombol save.

Cara mencari broken link di wordpress

6. Pada tab Look For Links In tandai ceklis di blogroll items, comments, pages, post dan published. Lalu tekan tombol save.

Cara mencari broken link di wordpress

7. Pada tab Which links to check tandai ceklis pada HTML Links, HTML Images, dan Plaintext URLs. Lalu tekan tombol save.

Cara mencari broken link di wordpress

8. Pada tab Protocol & APIs  tandai ceklis di Basic HTTP. Lalu tekan tombol save.

Cara mencari broken link di wordpress

9. Pada tab Advanced tandai ceklis di Run continuously while the dashboard is open, run hourly in the background dan editor and above. Lalu tekan tombol save.

Cara mencari broken link di wordpress

10. Plugin broken link checker selesai diatur.

Setelah kalian menggunakan plugin tersebut, beberapa broken link di website kalian akan diperbaiki dengan cepat dan mudah. Itulah cara mencari broken link di wordpress dengan mudah. Semoga bermanfaat wink

Tips dan Trik, Wordpress

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More