Cara Menampilkan Grid di Adobe Photoshop

22/01/2019    Indah Puspitasari    86     Desain

Adobe Photoshop adalah salah satu perangkat lunak pengedit gambar yang dikembangkan dan diproduksi oleh Adobe Systems Inc. Photoshop dianggap sebagai salah satu pemimpin dalam perangkat lunak pengedit foto. Perangkat lunak ini memungkinkan pengguna untuk memanipulasi, memotong, mengubah ukuran, dan mengoreksi warna pada foto digital. Perangkat lunak ini sangat populer di kalangan fotografer profesional dan desainer grafis dan hasil yang di keluarkan oleh photoshop yaitu adalah berbasic raster.

Dalam desain grafis dan aplikasi pengolah kata, Grid adalah serangkaian garis vertikal dan horizontal yang digunakan untuk membagi halaman secara vertikal dan horizontal menjadi margin, kolom, ruang antar-kolom, garis tipe dan ruang antara blok tipe dan gambar. Grid ini untuk membantu memudahkan dalam tata letak, terutama untuk dokumen multi halaman, membuat proses desain lebih cepat, dan memastikan konsistensi visual antara halaman terkait agar terlihat lebih rapih.

Kebanyakan diantara kita terutama pada pemula sering mengabaikan grid atau bahkan tidak mengerti bagaimana cara untuk menampilkan grid pada adobe photoshop ini. Oleh karena itu disini saya ingin berbagi tips dan trik bagaimana cara menampilkan grid di adobe photoshop. Ini cukup mudah ko dan tidak memakan waku yang lama untuk menampilkannya.

Langsung saja yah teman-teman, pertama yang harus dilakukan adalah membuat dokumen baru terlebih dahulu dengan cara klik menu file > new > pilih ukuran kertas sesuai dengan yang dibutuhkan.

Cara-Menampilkan-Grid-di-Adobe-Photoshop-indah01

Inilah canvas yang telah kita buat tadi.

Cara-Menampilkan-Grid-di-Adobe-Photoshop-indah02

Kemudian untuk menampilkan grid pada photoshop adalah dengan cara klik menu view > show > grid.

Cara-Menampilkan-Grid-di-Adobe-Photoshop-indah03

Hingga secara otomatis grid akan tampil pada area canvas kerja anda.

Cara-Menampilkan-Grid-di-Adobe-Photoshop-indah04

Bagaimana teman-teman mudah bukan cara menampilkan grid ini tidak sesulit dengan yang teman-teman bayangkan. Mungkin Grid ini tidak banyak yang tahu atau bahkan jarang sekali digunakan, namun grid ini mempunyai kelebihan untuk dapat memudahkan dan membantu teman-teman dalam proses mendesain agar terlihat lebih rapih dan cepat. Semoga artikel ini bermnafaat yah dan dapat membantu teman-teman yang sedang kebingungan. Selamat mencoba :)

Photoshop

Belajar Membuat Website dari Nol

Pelajarannya mudah dipahami, orang awampun pasti bisa.

Learn More

Belajar Membuat Website dari Nol

Pelajarannya mudah dipahami, orang awampun pasti bisa.

Learn More