Cara Memunculkan Bleed Marks Saat Penyimpanan di Adobe Indesign

Bleed Marks berfungsi untuk pemotongan kanvas biasanya bleed marks sering digunakan untuk percetakan seperti majalah, poster, kartu nama dan lainnya. Kenapa kita harus memunculkan Bleed Marks? nah pada umumnya Bleed Marks itu berfungsi untuk memotong kertas jadi saat kita mendesain sebuah layout pasti dong ada namanya pemotongan kertas jadi kita mendesain pasti melebihkan sedikit ruang kertas agar terlihat rapi saat di print. Kan kita tidak tau seperti apa hasilnya yang jelas printer juga hanya alat cetak dan mungkin di percetakannya tidak rapi bisa membuat hasilnya tidak baik juga seperti miring area percetakkannya atau kurang posisinya di tengah itu semua bisa terjadi saat proses percetakan. nah bagaimana mengatasinya? ya dengan melebihkan batas kertas bisa kita rapikan oleh pemotong kertas, biasanya pemotongan kertas yang baik itu dengan pisau kertas ya jadi langsung lurus terpotongnya.

Bleed Marks itu memunculkan garis di setiap sudut kertas, dimana garis itu berfungsi untuk titik potong kertas yang lurus terkadang kan kita tidak tau ya jika desain kita background nya berwarna putih bagaimana cara untuk memotong agar biar lurus? ya caranya dengan bleed marks ini teman, bleed marks biasanya melebihi kertas sekitar 3 mm saja itu setandarnya jika kalian mau memberinya lebih ya tidak apa apa juga.

oke kita langsung ke tahap penyimpanannya saja ya, setelah selesai mendesain.

Cara Memunculkan Bleed Marks Saat Penyimpanan di Adobe Indesign

setelah itu coba kalian klik file > export dan disini kalian pilih folder penyimpanannya dan format pdf print ya.

Cara Memunculkan Bleed Marks Saat Penyimpanan di Adobe Indesign

jika sudah coba dipengaturannya export adobe pdf nya pilih marks and bleeds lalu di bagian marks ceklis bleed marks nya.

Cara Memunculkan Bleed Marks Saat Penyimpanan di Adobe Indesign

setelah itu kalian pilih export.

maka ketika kalian membuaka file pdf akan seperti pada gambar dibawah ini di setiap sudutnya.

perhatikan disetiap sudutnya ada garis yang mengarah vertikal dan horizontal itu menandakan titik pemotongan pada pisau kertas.

Cara Memunculkan Bleed Marks Saat Penyimpanan di Adobe Indesign

oke sampai disini ya teman, bagaimana tutorialnya sangat mudah ya untuk dipelajari Cara Memunculkan Bleed Marks Saat Penyimpanan di Adobe Indesign

semoga bermanfaat.

 

15 Mei 2017

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Kursus Postgre SQL Database Developer Terbaik 2024 di Jakarta
chat