Cara Memulai Sebuah Usaha Baru Untuk Pemula

02/05/2017    Dwi Rachmawati    2504     Artikel Bebas

Cara Memulai Sebuah Usaha Baru Untuk Pemula - Mendapatkan penghasilan sendiri tentu menjadi hal yang diinginkan oleh banyak orang. Pasalnya, masih banyak pegawai yang sering mengeluh dengan pekerjaan yang dikejar deadline sehingga membuat mereka jenuh dan ingin menjadi seorang pemilik bisnis saja. Tentu saja menjadi seorang pemilik bisnis tidak semudah membalikkan telapak tangan, banyak resiko dan tantangan yang harus dihadapi. Dan tidak semua pembisnis bisa melakukan usahanya dengan mulus, banyak pula yang gagal di tengah atau bahkan di awal perjalanan.

Memang asik mendapatkan penghasilan bulanan sendiri dan mempunyai pegawai yang hanya tinggal kita pantau, tetapi jika ingin menjadi seorang pembisnis yang sukses jangan dulu pikirkan masalah keuntungan ataupun hasil akhir. Karena usaha yang akan kita mulai ini dari nol, maka kita harus bisa untuk mempromosikan dan juga memperkenalkan kepada masyarakat luas supaya bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Pertanyaan pertama yang akan terlintas di benak teman-teman mungkin, "usaha apa?" Benar nggak? Kalian ingin menjadi seorang pengusaha yang merintis dari nol sampai bisa sukses? Nah, artikel ini cocok sekali untuk kalian. Mari disimak Cara Memulai Sebuah Usaha Baru Untuk Pemula :

1. Ide

Langkah pertama yang harus dimiliki oleh seorang pembisnis adalah ide. Temukan ide bisnis yang bermanfaat agar bisa menghasilkan lapangan kerja sendiri. Kalian bisa melihat apa saja yang dibutuhkan oleh lingkungan, misalnya daerah rumah kalian masih belum banyak yang menggunakan jemuran cobalah untuk menjual jemuran agar mempermudah ibu-ibu mengeringkan pakaian dibawah terik matahari. Masih banyak lagi. Coba di teliti sendiri, jenis usaha apa yang belum ada di lingkungan kalian?

2. Partner

Partner bisa dijadikan sebagai salah satu rekan bisnis yang membantu keuangan maupun pemasaran produk. Dengan memperbanyak partner, kalian akan mendapatkan ide-ide bisnis dari banyak kepala, jadi semakin banyak partner yang kalian kumpulkan, semakin besar pula kemungkinan suksesnya usaha yang akan kalian jalankan.

3. Re-view

Saat akan membangun sebuah usaha, re-view merupakan salah satu langkah yang wajib kalian lakukan. Kalian bisa melihat seberapa besar persaingan, target penjualan maupun lokasi yang akan ditentukan di kemudian hari.

4. Catatan Keuangan

Ini hal yang sangat penting. Catatlah segala jenis yang berbau dengan uang, karena seorang wirausaha wajib mengetahui masuk ataupun dana yang dikeluarkan. Jika tidak menggunakan catatan keuangan kalian bisa pusing sendiri. Tidak mungkin kalian bisa membagi mana modal dan mana keuntungan. Dan satu hal yang wajib kalian ingat. Jangan campurkan uang hasil usaha dengan uang sendiri. Pisahkan!

5. Promosi

Jika sudah ada produk tetapi tidak ada promosi pasti bakal aneh dong? Nanti bagaimana mendapatkan pemasukan? Hehe. Kalian bisa menggunakan promosi menggunakan sosial media, ataupun mulut ke mulut.

6. Mulai

Jika kelima langkah tadi sudah diikuti, cobalah untuk memulai usaha tersebut. Berani bertindak berani bertanggung jawab. Jangan takut gagal. Kalian sudah lihat kan berapa banyak pengusaha sukses yang jatuh berkali-kali? Ayo, segera dimulai. Lawan kata "takutnya, jangan-jangan". Jangan berprasangka yang tidak baik.

Semoga bermanfaat! smiley

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More