Cara Membuat Halftone di Illustrator

07/03/2017    Raditya Noveraldo    2042     Desain

Adobe Illustrator, siapa yang tidak mengetahui software satu ini. Bagi kalangan para graphic designer ini adalah salah satu software wajib yang harus bisa mereka kuasai. Adobe Illustrator berguna untuk membuat object atau shape shape unik dengan berbasis gambar vector sehingga kualitas hasilnya tidak pecah dan bagus.

 

Banyak shape shape atau object unik yang perlu kita munculkan pada design kita tapi untuk mendapatkannya dengan cara mendownload termasuk sulit dan tidak sesuai oleh karena kita dituntut membuat shape unik itu sendiri, salah satunya menggunakan Adobe Illustrator.

 

Contoh pada artikel ini kita akan saya jelaskan membuat suatu object yang sangat unik dan juga sudah sering kita jumpai designnya dimana mana yaitu Halftone. Sebelum masuk untuk belajar membuatnya kalian harus mengetahui terlebih dahulu apa itu Halftone.

 

Halftone adalah kumpulan titik atau ellipse yang tersusun rapih membentuk sebuah pattern sehingga dapat menggantikan fill dari solid color. Design halftone ini biasanya bernuansa retro ataupun vintage. Berikut adalah Cara Membuat Halftone di Adobe Illustrator secara cepat dan mudah :

 

Pertama tama bukalah software adobe Illustratornya dan buatlah file sekaligus sebuah shape, contoh saya menggunakan Ellipse Tools untuk membuat lingkaran :

Cara Membuat Halftone di Illustrator

Kemudian ubah fillnya menjadi gradasi radial hitam putih dengan tidak menggunakan stroke seperti berikut :

Cara Membuat Halftone di Illustrator

Setelahnya klik Effect > Pixelate > Color Halftone.. maka akan muncul windows seperti berikut :

Cara Membuat Halftone di Illustrator

Pada windows tersebut terdapat:

  • Max Radius : ini untuk menentukan besar dari ukuran Halftonenya atau titik titiknya.
  • Screen Anggle
    • Channel 1 : untuk pengaturan warna Cyan
    • Channel 2 : untuk pengaturan warna Magenta
    • Channel 3 : untuk pengaturan warna Yellow
    • Channel 4 : untuk pengaturan warna Black

Untuk menghasilkan warna bukan dari awal tapi dari option ini, untuk lebih mudah oleh karena itu saya membuat hasilnya menjadi hitam dan hanya mengisi channel no 4 saja dan juga ukuran halftonenya 50. Sehingga hasil akhirnya akan seperti ini :

Cara Membuat Halftone di Illustrator

Gimana mudah bukan Cara Membuat Halftone di Adobe Illustrator secara cepat dan mudah. Tetap nantikan artikel artikel menarik lainnya hanya di dumetschool.com saja. Selamat mencoba dan terimakasih J.

Illustrator

Belajar Membuat Website dari Nol

Pelajarannya mudah dipahami, orang awampun pasti bisa.

Learn More

Belajar Membuat Website dari Nol

Pelajarannya mudah dipahami, orang awampun pasti bisa.

Learn More