Cara Membuat Datepicker Dengan jQuery UI

Datepicker adalah salah satu fitur jQuery UI yang sering digunakan dalam memilih tanggal, bulan serta tahun. Pada jQuery Datepicker ini cukup populer dimana fitur Datepicker ini memberikan kemudahan bagi pengguna website. Berikut ini saya akan menjelaskan langkah-langkah dalam pembuatannya. Sebelum memanggil fungsi datepicker yang paling penting adalah pastikan teman teman harus memanggil atau mengincludekan file jQuery sebagai berikut

Datepicker ini memudahkan kita dalam menginputkan data tanggal pada text field. Caranya teman teman hanya membuat text field di ikuti dengan id="date"

dan kita akan berikan fungsi datepicker untuk contoh penulisannya sebagai berikut

Defaultnya format tanggal pada datepicker adalah "mm/dd/yyyy". Teman teman juga bisa mengubahnya dengan memberikan nilai option. Seperti contoh berikut:

Huruf kapital "MM" berarti bulan akan ditampilkan namanya sedangkan huruf kecil "mm" berarti bulan akan ditampilkan dalam bentuk angka. Teman teman juga bisa membatasi tanggal yang bisa dipilih hanya tanggal sekian sampai tanggal sekian sesuai kebutuhan temen temen.

Otomatis tanggal yang lainnya akan menjadi disable.

dan teman teman juga dapat memberikan efek sederhana contohnya seperti ini

Bagaimana? Cukup mudah bukan? Hanya mengetikan beberapa baris kode sudah bisa menciptakan efek atraktif seperti itu. Baiklah itu dasar penerapan Jquery UI dalam membuat fitur Datepicker. Semoga Bermanfaat

28 September 2015

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Kursus Postgre SQL Database Developer Terbaik 2024 di Jakarta
chat