Cara Membuat Clickable PDF pada Indesign

Kebutuhan akan informasi sangatlah penting di era digital dan kemudahan dalam mencari dan membutuhkan apapun pada internet. Dari berbagai media pemberi informasi seperti website layaknya artikel bahkan e-book dan e-magazine ini perlu lah didukung kemudahan mengakses untuk satu dan lainnya.

 

Dan pembuatan design E-book ini pasti tidak lepas dari Software besutan Adobe yang berguna untuk pembuatan layouting yaitu Adobe Indesign. Sebelum kalian belajar bagaimana Cara Membuat Clickable PDF pada Adobe Indesign dengan mudah dan cepat pada tutorial kali ini saya akan menjelaskan tentang apa itu hyperlink terlebih dahulu.

 

Singkatnya hyperlink berguna untuk menyisipkan link pada sebuah teks atau object sehingga dapat membuat sebuh file itu menjadi interactive seperti clickable khususnya pada tutorial kali ini pada sebuah file PDF.

 

Baca juga :

Mengenal HyperLink pada Adobe InDesign

 

Berikut adalah Cara Membuat Clickable PDF pada Adobe Indesign dengan mudah dan cepat :

Pertama tama kalian sudah membuat minimal sebuah page document di adobe indesign dan juga ingat sudah diberikan beberapa hyperlink dari teksnya hingga juga gambarnya juga sudah diberikannya. Contoh seperti gambar berikut ini :

Cara Membuat Clickable PDF pada Indesign

Jika kalian sudah membuat desain seperti itu dan juga sudah menambahkan link pada teks yang sudah kalian mau maka tahap selanjutnya adalah membuat file itu menjadi sebuah PDF Interactive.

 

Baca juga :

Cara menambahkan Hyperlink di InDesign

 

Cara merubahnya menjadi File PDF inteactive adalah dengan cara mengklik menu File > Export atau dengan shortcut Ctrl + E kemudian akan muncul windows untuk lokasi penyimpanan, perlu diperhatikan adalah jenis filenya yaitu PDF (interactive). Perhatikan gambar:

Cara Membuat Clickable PDF pada Indesign

Kemudian jika sudah memilih lokasi penyimpanan dan memastikan jenis file yang sesuai maka klik Save dan akan muncul sekali lagi windows seperti berikut:

Cara Membuat Clickable PDF pada Indesign

Pada windows ini kalian boleh memilih mencentang View After Exporting untuk langsung menuju filenya setelah selesai dan juga resulosi sebelumnya juga sudah kalian tentukan. Jika sudah tekan oke, maka hasilnya akan seperti berikut :

Cara Membuat Clickable PDF pada Indesign

Semoga dengan Cara Membuat Clickable PDF pada Indesign dengan mudah dan cepat. Kalian dapat dengan mudah membagikan link link yang berguna buat yang lainnya. Tetap nantikan artikel artikel menarik lainnya hanya di dumetschool.com saja. Selamat mencoba dan terimakasih :).

14 Maret 2017

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat