Cara membaca URL codeigniter

Halo teman-teman Dumet School! Bertemu lagi di tulisan tentang Codeigniter. Kali ini kita akan membahas bagaimana cara membaca url codeigniter. Kenapa kita harus tahu cara membacanya? Hal ini penting agar kita tidak kebingungan saat melakukan pengembangan script.

Sebelum melakukan pembahasan, penjelasan yang saya berikan  ini adalah untuk settingan url codeigniter  masih default. Belum diedit-edit pengaturannya.

Pada umumnya url codeigniter memiliki pola seperti berikut ini :

Pada pemrograman PHP tanpa framework, kita biasa mengambil variabel $_GET dari url. Demi keamanan yang lebih baik Codeigniter memiliki cara tersendiri untuk mengambil variabel di url. Caranya dengan menggunakan segment.

Url yang ada adalah hasil dari pemanggilan class dan fungsi yang ada di controller. Semua alamat dan halaman pasti melalui controller. Lalu bagaimana cara menggunakan segment? Caranya sangat mudah.

Segment biasanya berada di belakang class dan fungsi. Jadi misalkan saya mau mengambil variabel dari url berikut

maka cara mengambil nilai variabelnya

Home adalah class yang ada di folder controller dan artikel adalah function yang ada di dalam class home. Mudah bukan teman-teman cara membaca url Codeigniter?

Semoga Bermanfaat   smiley

2 Maret 2015

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat