Cara Memanggil Property pada Class Turunan PHP

23/05/2017    Maykhel David    1767     Website

Pemorgramman berbasis objek sebenarnya sudah banyak diterapkan pada banyak Bahasa program. Jika kalian pernah belajar tentang bahasa pemrograman Java, maka kalian akan harusnya paham dengan sistem object oriented programming atau biasa disebut OOP.

Penggunaan konsep OOP pada PHP menjadi dasar utama untuk dikuasai ketika kita ingin mencoba bekerja dengan tim. Saat bekerja dengan tim sangat disarankan menggunakan konsep OOP saat kita membangun sebuah website atau aplikasi berbasis website. Dan dengan dasar pemahaman OOP yang baik kita juga bisa menggunakan framework PHP yang tentu sangat powerful untuk digunakan dalam tim.

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sebuah penjelasan lagi tentang PHP OOP. Dimana nanti tujuan akhir kita adalah memahami bagaimana cara memanggil class turunan pada php oop.

Pada class turunan kita diwajibkan menggunakan atribute extends untuk dapat menggunakan property atau method pada class parent nya. Misalnya saya akan membuat class parent dengan nama Mobil seperti berikut:

// buat class mobil (parent class)
class Mobil {
    // buat property $pintu
    protected $pintu = "Pintu Mobil";
}

Lalu, disini kita akan buat class turunan yang akan dikaitkan dengan class Mobil sebagai parentnya. Kita buat dengan kode berikut

// buat class luarMobil (child class)
class LuarMobil extends Mobil{

    // buat fungsi bukaPintu()
    function bukaPintu(){

        // buat property yang diambil dari parent class
        return $this->pintu;
        
    }
}

Dengan menggunakan fungsi diatas saya bisa menggunakan property $pintu untuk diletakan pada method bukaPintu() menggunakan variable $this seperti baris kode diatas.

Dengan begitu berarti ketika kita bisa mencetak method bukaPintu() maka secara otomatis akan tercetak property $pintu  yang ada pada class Mobil.

Dengan begitu kita akan coba mencetak property $pintu pada browser dengan memanggilnya sebagai objek seperti baris kode berikut

$cetak = new LuarMobil;
echo $cetak->bukaPintu();

Metode ini berlaku hanya jika kita menggunakan aatribute protected dan public saja dalam mendeklarasikan suatu property atau method agar bisa kita cetak di luar class yang dibuat.

Baiklah teman-teman, saya kira itu saja yang bisa saya sampaikan pada artikel tentang cara memanggil property pada class turunan php. Semmomga bermanfaat. Terima kasih.

 

 

PHP

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More