Cara Instal Custom Swatch Pattern di Illustrator

Halo semuanya kembali lagi pada artikel design di dumetschool.com. pada kesempatan kali ini kita akan belajar bagaimana Cara Instal Custom Swatch Pattern di Adobe Illustrator dengan cepat dan singkat hanya 60 detik saja sehingga dapat diikuti oleh semuanya bagi yang awam ataupun yang sudah mahir.

 

Pattern khususnya di Adobe Illustrator sering digunakan untuk mengganti fill warna dari sebuah bentuk ataupun dijadikan sebagai background dari desain. Karena terbatasnya pattern default yang disediakan oleh Adobe Illustrator, tak jarang parah designer menambahkan pattern baru dengan cara mendownload dari website yang tersedia.

 

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kita akan mempelajari bagaimana Cara Instal Custom Swatch Pattern di Adobe Illustrator kurang dari 60 detik saja. Berikut langkah langkahnya :

 

Pertama-tama kalian download dahulu file pattern khusus Adobe Illustrator-nya, biasanya file tersebut berbentuk .rar oleh karenanya kalian harus ekstrak terlebih dahulu, seperti berikut :

Cara Instal Custom Swatch Pattern di Adobe Illustrator

Kemudian, buka dan buatlah file baru di Adobe Illustrator. Selanjutnya coba kalian pilih Windows > Swatches maka akan muncul windows seperti digambar dan kalian pilih icon yang berada di pojok kiri bawah. Perhatikan gambar:

Cara Instal Custom Swatch Pattern di Adobe Illustrator

Kemudian kalian pilih Other Liblary.. pada Swatches Pannel tersebut

Cara Instal Custom Swatch Pattern di Adobe Illustrator

Akan muncul window penyimpanan pattern. Kalian harus masuk ke C:\Program Files\Adobe\Adobe Illustrator CC 2015\Presets\en_US\Swatches\Patterns dan pada folder patterns kalian bisa menambahkan folder baru, dengan contoh bernama New Pattern ataupun sebebas kalian untuk pemberian namanya dan selanjutnya kalian pindahkan pattern yang sudah kalian download diawal pada folder tersebut:

Cara Instal Custom Swatch Pattern di Adobe Illustrator

Kalian bisa langsung cek di Swatchesnya pada folder pattern maka akan ada file patern yang sudah kita tambahkan pada Swatches tersebut :

Cara Instal Custom Swatch Pattern di Adobe Illustrator

Gimana mudah bukan untuk Cara Instal Custom Swatch Pattern di Adobe Illustrator dengan cepat dan singkat hanya kurang dari 60 detik saja.

 

Tetap nantikan artikel artikel menarik lainnya hanya di dumetschool.com saja. Selamat mencoba dan terimakasih :).

1 Februari 2017

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat