Cara Cepat Simpan Gambar dari Group Illustrator

08/11/2022    Aulia Rahmah Alhafidz    140    Desain

Cara Cepat Simpan Gambar dari Group Illustrator - Untuk kamu pengguna setiap website penyedia gambar atau vector seperti freepik dan sejenisnya, mungkin kamu pernah merasa kebingungan dalam mengambil gambar yang diinginkan dalam sebuah vector. 

Sebenarnya bisa saja kamu menghapus background-nya menggunakan tools penghapus background yang sudah tersedia online, atau bahkan menggunakan aplikasi edit foto simpel seperti picsart dan sejenisnya. Tapi, terkadang hasilnya tidak memuaskan. Entah karena hasil hapus background yang tidak rapi, atau kualitas gambar yang jelek alias pecah.

Nah, jika kamu memiliki Adobe Illustrator di laptopmu, kamu bisa coba cara yang akan disebutkan di bawah ini. Jadi, kalau kamu memilih vector saat men-download file dari Freepik dan dibuka via Illustrator hasil gambar akan menjadi lebih bagus, rapi, tidak pecah dan berukuran besar tentunya. Selain itu, jika kamu memang sudah paham dengan Illustrator, desain bisa kamu modifikasi dan sesuaikan dengan kebutuhan atau keinginanmu. 

Di Illustrator, saat file vector dibuka biasanya akan muncul banyak group jika dalam gambar ada beberapa objek. Objek-objek ini yang akan kita simpan agar kita bisa menggunakanannya untuk desain yang lain.

Ini dia cara export objek gambar dalam file Illustrator:

  1. Buka file berformat .ai atau.eps yang sudah kamu unduh.
  2. Klik menu Windows > Asset Export.
  3. Klik pada salah satu objek atau gambar, lalu tarik ke dalam Asset Export satu per satu.
  4. Jika semua objek sudah masuk ke Asset Export, klik icon Launch the Export for Screens dialog.
  5. Centang All Assets, lalu pilih lokasi folder simpan file.
  6. Untuk mengubah ukuran dan jenis file gambar, klik pada Scale dan Format.
  7. Klik tombol Export Asset.
  8. Cek folder dan selesai!

Sangat mudah bukan? Jadi, kamu tidak perlu khawatir lagi gambarmu akan pecah atau memiliki resolusi yang kecil. Bahkan, kamu bisa menyimpan gambarnya per objek yang kamu inginkan. Seru ya!

Untuk kamu yang ingin lebih banyak mendapatkan tips dan trik seputar desain, kamu bisa mengambil paket kursus graphic design yang ada di DUMET School! Kamu bakal belajar bareng instruktur yang sudah berpengalaman dan tentunya sudah ahli dalam bidang desain ya. Jadi, kamu bisa bebas bertanya mengenai kesulitan dalam latihan mau pun konsultasi mengenai projek yang kamu dapatkan di luar sana.

Semoga bermanfaat ya!

No data.

Belajar Membuat Website dari Nol

Pelajarannya mudah dipahami, orang awampun pasti bisa.

Learn More

Belajar Membuat Website dari Nol

Pelajarannya mudah dipahami, orang awampun pasti bisa.

Learn More
chatarrow