Cara Cepat Melakukan Seleksi Objek di Photoshop

Cara Cepat Melakukan Seleksi Objek di Photoshop - Seleksi merupakan salah satu teknik dasar yang harus dipahami saat sedang mempelajari Photoshop. Saat akan membuat poster, banner, atau desain jenis apapun pasti akan membutuhkan seleksi untuk membuat desain yang unik dan menarik.
Untuk melakukan seleksi pada Photoshop ada berbagai macam cara yang bisa dilakukan. Jadi, jika ada opsi A, ada juga opsi B, C, D, dan seterusnya yang bisa dilakukan untuk melakukan seleksi. Ada beberapa tools juga yang biasa digunakan untuk melakukan seleksi pada gambar di Photoshop, seperti: Quick Selection Tool, Magic Wand Tool, Marquee Tool, Pen Tool, dan sebagainya.
Namun, untuk pemula menggunakan tools tersebut akan membutuhkan lebih banyak waktu karena cara yang dilakukan adalah secara manual. Jika ingin cara yang lebih cepat untuk melakukan seleksi apa bisa?
Tentu saja bisa! Ikuti langkah-langkah singkat berikut ini untuk melakukan seleksi objek di Photoshop dengan cepat:
  1. Buka foto atau gambar yang ingin diseleksi objeknya. Cara Cepat Melakukan Seleksi Objek di Photoshop
  2. Klik menu Select > Subject Cara Cepat Melakukan Seleksi Objek di Photoshop
  3. Jika muncul dialog box seperti berikut ini, berarti Photoshop sedang melakukan proses seleksinya. Tunggu hingga selesai. Cara Cepat Melakukan Seleksi Objek di Photoshop
  4. Foto sudah selesai terseleksi. Cara Cepat Melakukan Seleksi Objek di Photoshop
    Sangat cepat dan mudah ya? Namun, karena ini bukanlah proses seleksi manual, biasanya hasil seleksi juga tidak 100% rapi. Apalagi jika objek yang ada di dalam foto bisa saja lebih dari 1 dan background-nya sangat ramai penuh dengan gambar lain.
    Cara Cepat Melakukan Seleksi Objek di Photoshop
Seperti yang ada di contoh gambar, bagian bawah kiri objek tidak terseleksi dengan rapi. Jadi, jika ada yang seperti ini bisa langsung lakukan seleksi manual dengan menggunakan Quick Selection Tool untuk merapikannya. Dan jangan lupa juga untuk melakukan seleksi rambut karena hasilnya masih terlalu kaku.

Kesimpulan

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk melakukan seleksi di Adobe Photoshop. Salah satu cara untuk melakukan seleksi dengan cepat dan mudah, kita dapat menggunakan menu Select > Subject.
Cara ini akan berhasil dilakukan jika foto atau gambar yang diedit objeknya terlihat dengan jelas dan jumlahnya tidak banyak. Jika hasilnya belum rapi, kita dapat merapikannya secara manual.
Semoga artikel tutorial Cara Cepat Melakukan Seleksi Objek di Photoshop ini mudah diikuti dan bermanfaat ya! Sampai jumpa di artikel Photoshop yang selanjutnya :)
17 Januari 2024

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat