Cara Cek String pada Javascript Valid atau Tidak

Cara Cek Empty/Null/Undefined String pada Javascript - Dalam JavaScript, salah satu tugas sehari-hari saat memvalidasi data adalah untuk memastikan bahwa suatu variabel, yang dimaksudkan sebagai string, memperoleh nilai yang valid.

Artikel ini akan menjelaskan tentang cara memeriksa apakah string kosong, tidak terdefinisi, atau null. Mari kita mulai

Kesimpulan singkat. Jika Anda ingin memeriksa apakah string kosong / null / tidak terdefinisi secara sekaligus, gunakan kode berikut.

let emptyStr;
if (!emptyStr) {
  // String is empty
}

Jika string kosong / null / tidak terdefinisi jika kondisi dapat mengembalikan false:


let undefinedStr;
if (!undefinedStr) {
  alert("String is undefined");
}

let emptyStr = "";
if (!emptyStr) {
  alert("String is empty");
}

let nullStr = null;
if (!nullStr) {
  alert("String is null");
}

Ketika string bukan null atau tidak terdefinisi, dan kalian hanya ingin memeriksa yang empty, kalian bisa menggunakan properti length pada string, seperti berikut:

var emptyStr = "";
if (emptyStr && emptyStr.length == 0) {
  alert("String is empty");
}

Cara lain untuk memeriksa string kosong bisa dengan menggunakan operator pembanding “===”.

Penerapannya dalam contoh berikut:

if (emptyStr === "") {
  alert("String is empty");
}

Apa itu String dalam JavaScript?

String JavaScript umumnya diterapkan untuk menyimpan atau memanipulasi teks. Tidak ada pengecualian karakter, semua dapat dijadikan string. Format default string umumnya adalah UTF-16. Dan juga string menampilkan nol atau beberap karakter yang ditulis dalam tanda kutip.


Penggunaan Properti length pada Javascript

Properti "length" adalah properti JavaScript yang penting, digunakan untuk mengembalikan jumlah parameter fungsi. Dan juga properti "length" dapat digunakan untuk menghitung jumlah dari sesuatu yang bisa dihitung, contohnya seperti array yang digunakan pada fungsi lain.


Oerator Perbandingan pada Javascript

Operator pembanding mungkin akrab bagi Anda dari matematika.

Jadi, mereka adalah sebagai berikut:

  • Kurang dari (<): mengembalikan true ketika nilai di sebelah kiri kurang dari nilai di sebelah kanan. Dengan cara lain, itu akan mengembalikan false.
  • Lebih besar dari (>): mengembalikan true ketika nilai di sebelah kiri lebih besar dari yang di sebelah kanan. Jika tidak, itu akan mengembalikan false.
  • Kurang dari atau sama dengan (<=): mengembalikan true ketika nilai di sebelah kiri kurang dari sama dengan nilai di sebelah kanan. Jika tidak, itu akan mengembalikan false.
  • Lebih besar dari atau sama dengan (>=): mengembalikan true ketika nilai di sebelah kiri lebih besar atau sama dengan yang di sebelah kanan. Dengan cara lain, itu akan mengembalikan false.
  • Setara dengan (===): mengembalikan true ketika nilai di sebelah kiri sama dengan nilai di sebelah kanan. Jika tidak, itu akan mengembalikan false.
  • Tidak sama dengan (! ==): mengembalikan true ketika nilai di sebelah kiri tidak sama dengan yang di sebelah kanan. Dengan cara lain, itu akan mengembalikan false.

Baiklah, demikian artikel kali ini yang membahas tentang Cara Cek String pada Javascript Valid atau Tidak, kita juga telah melakukan beberapa metode yang bisa digunakan untuk mengecek bahwa string yang kita miliki dalam kategori valid atau tidak.

12 Maret 2020

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Kursus Postgre SQL Database Developer Terbaik 2024 di Jakarta
chat