Caption Setup pada Adobe InDesign

Halo semuanya kembali lagi bersama saya pada artikel menarik kali ini yang hanya ada pada dumetschool.com saja. Dan pada kali ini kita akan belajar mengetahui sebuah fitur yang mungkin diantara kalian masih belum memahaminya yaitu Caption Setup option pada Adobe Indesign.

Mengenal Caption Setup Option pada Adobe InDesign dengan cepat dan mudah. Mungkin masih banyak yang tidak sadar akan Fitur ini pada Adobe Indesign, walaupun bisa dibilang ini sangat membantu para designer.

Seperti namanya yaitu Caption setup berarti fitur ini berguna untuk menambahkan text caption pada gambar. Sedangkan biasanya jika tidak menggunakan fitur ini kalian para designer untuk menambahkan text maupun caption pada gambarnya dengan manual menambahkan type. Namun fitur ini akan otomatis menambahkan captionnya.

Isi text dari caption ini bisa kalian tambahkan sendiri maupun menggunakan caption yang sudah ada pada description si gambar tersebut.

Caranya untuk menggunakan Caption Setup pada Adobe InDesign dengan cepat dan mudah sebagai berikut :

Pertama-tama terlebih dahulu kalian sudah menyiapkan file barunya di Adobe InDesign, bebas terserah kalian untuk ukurannya karena pada tutorial kali ini kita akan berfokus pada Caption Setup-nya saja. Jangan lupa tambahkan sebuah frame foto dan place sebuah foto pada frame tersebut seperti berikut :

Caption Setup pada Adobe InDesign

Pada menu setup optionnya dengan cara klik menu Object > Caption > Caption Setup akan muncul window seperti berikut :

Caption Setup pada Adobe InDesign

Pada window tersebut ada beberapa option seperti berikut :

Text Before / Text After : Kalian bisa menambahkan text di awal atau akhir dari caption di foto tersebut.

Metadata : terdapat list untuk memilih caption apa yang di tampilkan seperti name sampai description.

Alignment : untuk menentukan posisi dimana text caption akan diletakan.

Offset : Pengaturan besaran jarak dari text caption dengan image atau foto tersebut.

Paragraph Style : untuk menentukan style dari caption tersebut, secara default hanya ada no style dan basic style, kalian bisa membuatnya terlebih dahulu dari style text tersebut berupa font hingga size text caption tersebut pada paragraph style

Layer : untuk menentukan caption tersebut akan berada pada layer berapa.

Group Caption With Image : indikasi untuk kalian ingin mengroupnya atau tidak.

Kemudian setelah kita setup, kita munculkan captionnya dengan cara klik menu Object > Caption > Generate Static Caption maka pada foto akan menjadi seperti berikut :

Caption Setup pada Adobe InDesign

Gimana mudah bukan Mengenal Caption Setup Option pada Adobe InDesign dengan cepat dan mudah. Tetap nantikan artikel artikel menarik lainnya hanya di dumetschool.com saja. Selamat mencoba dan terimakasih :)

13 Februari 2017

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat