Break dan Continue pada Javascript

Break dan Continue pada Javascript - Pada pemerograman javascript terdapat perintah Break dan Continue, seperti namanya Break berarti berhenti dan Continue berarti lanjut. Kedua perintah ini tentu mempunyai fungsi yang akan berguna sekali ketika melakukan pemerosesan data logika. Nah, muncul pertanyaan apa sih yang akan dhentikan dan dilanjutkan oleh kedua perintah ini ? 

Break dan Continue pada javascript mempunyai fungsi yang berbeda jika pada fungsi Break akan menghentikan semua perintah perulangan (For, While, Do While) atau menghentikan proses data misalnya pada Switch. Secara umum bentuk penulisan Break adalah seperti berikut.

break;

Berikut adalah contoh penggunaan Break yang terjadi pada proses logika.

<script>
    var num = 1;
    while( num <= 15 ) {
        console.log( "Nomor : " + num );
        if ( num == 9 ){ break; }
        num++;
    }
</script>

Pada perintah diatas proses perulangan akan dihentikan paksa jika perulangan sudah sampai pada ke 9. Sehingga yang tadinya perulangan akan diulang sebanyak 15 akan dihentikan setelah perulangan ke 9.

Sementara perintah Continue mempunyai fungsi melanjutkan proses perulangan, ini berarti kebalikan dari fungsi break yang menghentikan suatu proses. Secara umum perintah Continue dituliskan seperti berikut.

continue;

Berikut adalah contoh penggunaan Continue yang terjadi pada proses logika

<script>
    num = 0;
    while( num < 10 ){
        num++;
        if( num == 5 ){ continue; }
        console.log( "Nomor : " + num );
    }
</script>

Pada perintah diatas artinya proses perulangan akan menghasilkan nilai dari 1 - 10 akan tetapi karena ada perintah Continue pada perulangan ke 5 tidak akan dicetak artinya nilai 5 akan dilewati.

Baiklah, itu tadi kedua perintah dari javascript yakni Break dan Continue semoga dengan pembahasan ini bisa menambah wawasan dan tentunya bermanfaat :)

12 September 2019

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat