Bootstrap 4 Telah Release Versi Alpha

Apa kabar Bootstrapers laugh .. Ada berita baru nih untuk kalian yang suka membuat website atau aplikasi menggunakan bootstrap. Pada tanggal 19 agustus lalu adalah hari ulang tahun bootstrap lho. bukan cuma itu, ternyata bootstrap sendiri telah menyiapkan versi terbaru dari framework responsivenya, yaitu bootstrap 4.

Saat ini bootstrap 4 masih dalam versi alpha (versi percobaan dan pengembangan). meski masih versi alpha, kira-kira akan ada banyak pembaharuan seperti berikut.

1. Beralih dari Less ke Sass.
Bootstrap sekarang di compile dengan lebih cepat dibandingkan sebelumnya, sekarang Bootstrap menggunakan Libsass, dan mereka menyatakan sudah bergabung dengan komunitas besar dari developer Sass.

2. Peningkatan Sistem Grid
Bootstrap 4 sudah ditambahkan sebuah tingkatan grid baru untuk target perangkat mobile yang lebih baik dan telah merombak secara total semantic mixins nya.

3. Mendukung Flexbox
Bootstrap kini sudah berbeda dengan sebelumnya, mereka telah merubah variabel boolean dan mengkompilasi ulang css untuk hal yang lebih baik karena sekarang sistem grid bootstrap berbasis flexbox.

4. Cards
Cards menjadi komponen baru dari Bootstrap, ini lebih baik dari sebelumnya.

 

5. Penulisan ulang semua plugin Javascript
Semua plugin javascript ditulis ulang dalam ES6 untuk menerapkan javascript terbaru yang lebih baik.

 

6. Peningkatan fitur auto-placement dari tooltips dan popovers.

 

7. Tidak lagi support IE8.
Tidak ada cara lain untuk berkembang ke lebih baik jika masih kembali ke CSS hack dan fallback. Semua cara-cara yang dilakukan untuk mensupport IE yang sudah kuno sudah tidak akan dilakukan lagi, namun jika kalian tetap ingin menggunakan IE8, kalian bisa gunakan

 

8. Pilihan kostumasi baru.
Kini jika kalian ingin melakukan kostumasi seperti menghilangkan rounded corner, maka tinggal update variabel dan lakukan kompilasi ulang, tidak terlalu berbeda dengan sebelumnya, namun dilakukan dengan cara yang lebih baik dan hal tersebut tidak lagi menggunakan banyak file stylesheet, semua diatur dalam variabel Sass.

 

9. Semua HTML reset dirubah ke modul baru, diberi nama Reboot

 

10. Dokumentasi lebih baik
Bootstrap sudah menulis ulang semua dokumentasi dalam Markdown dan menambahkan plugin baru untuk mempermudah penggunaan skrip contoh dan potongan kode agar bisa bekerja dengan dokumentasi. Selain itu fitur pencarian juga ditingkatkan.

Dan masih banyak lagi perubahan yang ada di Bootstrap 4, seperti form control, nama class untuk padding dan margin.

Jika ada yang ingin mencoba bootstrap 4 alpha bisa masuk ke halaman ini BOOTSTRAP 4

Demikian artikel tentang bootstrap 4 yang telah release versi alpha, semoga bermanfaat bagi kalian yang ingin mencobanya. Terima Kasih

20 Agustus 2015

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat