Bit Depth pada Photoshop

Halo semuanya, kali ini kita akan belajar apa itu Bit Depth pada Photoshop. Isitilah “bit depth” merupakan salah satu istilah yang ada dalam gambar. Bila Anda pengguna kamera digital, Anda bisa mengakses pilihan bit depth ini di seting format RAW. Sedangkan bila Anda menggunakan aplikasi seperti Adobe Photoshop, maka pilihan bit depth dapat Anda lihat di Image Mode. Pilihan yang ada biasanya dalam satuan bit, apakah itu 8 bit atau 16 bit. Pada kali ini saya akan membahas apakah yang dimaksud dengan bit depth ini khususnya pada Adobe Photoshop.

 

Seperti yang kita ketahui setiap gambar digital terdiri dari pixel-pixel yang membentuk gambar tersebut. Bit depth merupakan informasi jumlah warna yang ada pada tiap pixel tersebut. Semakin besar angka bit depth maka semakin banyak informasi nuansa warna yang tersedia pada tiap pixel sehingga dapat lebih merepresentasikan tonal warna semakin akurat. Satuan yang digunakan dalam bit depth ini adalah bit dimana 1 bit terdiri dari 2 informasi (contoh: 0 atau 1, benar atau salah). Dengan demikian dalam sebuah gambar digital dengan bit depth 1 bit maka informasi warna yang ada pada foto tersebut hanya 2 warna saja. Apabila gambar digital memiliki bit depth sebesar 8 bit maka informasi warna yang ada pada foto tersebut adalah 8 bit = 2 × 2 x 2 x 2 x 2 x 2 x 2 x 2 yaitu sebanyak 256 nuansa warna.

 

8 bit vs 16 bit

 

Adobe Photoshop merupakan aplikasi grafis yang telah mensupport file dengan bit depth 8 bit, 16 bit dan 32 bit. Seperti dijelaskan di atas, bit depth 8 bit adalah apa yang Anda dapatkan dari format file JPG. Sedangkan apabila Anda menggunakan kamera digital yang telah mensupport format RAW, maka Anda dapat memiliki file gambar dengan bit depth 16 bit karena format RAW support untuk bit depth tersebut. Cara lain untuk mendapatkan bit depth 16 bit atau 32 bit adalah dengan menggunakan scanner karena beberapa scanner juga telah mensupport scanning gambar dengan format bit depth lebih dari 8 bit.

 

Lalu sekarang pertanyaannya adalah pilih gambar dengan bit depth 8 bit atau 16 bit? Seperti dijelaskan di atas, sebuah file 8 bit akan memberikan informasi warna hingga 16 juta warna lebih. Jumlah ini sangat sangat banyak sekali. Kemampuan mata kita sendiri dapat membedakan warna dalam kondisi normal hanya beberapa juta saja. Ini artinya jumlah warna yang ditawarkan oleh format 8 bit sebenarnya lebih dari cukup untuk mata kita. Dengan kata lain format 8 bit sudah cukup untuk menghasilkan foto dengan tonal warna yang natural dan benar. Keuntungan dari menggunakan gambar digital 16 bit adalah fleksibilitas pada saat post processing.

 

Berikut beberapa tips ketika bekerja dengan bit depth 8 bit dan 16 bit:

 

·        Format JPG hanya mensupport bit depth 8 bit. Untuk menyimpan gambar dalam format 16 bit simpan dalam format PSD.

·        Untuk mendapatkan gambar dengan bit depth lebih dari 8 bit, gunakan format RAW dari kamera digital.

·        File size (bytes) sebuah gambar digital 16 bit akan lebih besar daripada gambar yang sama dengan bit depth 8 bit.

·        Merubah gambar yang aslinya 8 bit menjadi 16 bit tidak akan menambah jumlah informasi warna yang ada. Sebaliknya merubah gambar 16 bit menjadi 8 bit artinya mengurangi informasi warna yang sudah ada.

·        Beberapa fitur seperti filter-filter tertentu di Adobe Photoshop tidak bisa diakses apabila gambar memiliki bit depth 16 bit.

·        Bekerjalah sebisa dan semaksimal mungkin dengan gambar file yang memliki bit depth 16 bit dari awalnya. Hanya rubah ke 8 bit untuk mengakses fitur-fitur tertentu di Adobe Photoshop yang tidak bisa diakses dengan 16 bit serta untuk merubah format file ke JPG dengan file size kecil untuk keperluan online.

·        Untuk merubah bit depth di Adobe Photoshop pilih Image > Mode

 

Sekian dulu artikel Bit Depth pada Photoshop, tetap nantikan artikel-artikel menarik lainnya hanya di dumetschool.com :) semoga bermanfaat, terimkasih

1 November 2016

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat