Berkenalan dengan Google Map API

15/06/2017    Maykhel David    267     Website

Map menjadi salah satu fitur yang wajib dimiliki oleh sebagian besar website perusahaan yang memiliki kantor fisik. Demi bertujuan meningkatkan kredibilitas perusahaan tersebut dan meningkatkan tingkat kepercayaan pengunjung website terhadap perusahaan.  Serta membantu pengunjung website mencari lokasi asli perusahaan .

Pada setiap layanan aplikasi yang menggunakan data realtime selalu ada yang dinamakan API yaitu Application Programming Interface. Dimana system ini memungkinkan hal yang sama terjadi pada dua aplikasi atau lebih secara bersamaan. Lalu apa fungsi API itu sendiri? Untuk lebih jelasnya mengenai apa itu API? Bisa kalian lihat artikel dumetschool yang yang membahas tentang Apa itu API?

Sekarang mari kita berfokus pada tujuan artikel ini dibuat, yaitu kita akan membahas tentang penggunaan API pada Google Map. Dengan adanya google map, kita bisa menggunakan berbagai macam fasilitas yang disediakan seperti lokasi, arah jalan atau rute perjalanan, bahkan ada fitur yang memungkinkan kita untuk memantau kemacetan jalan yang akan kita lewati.

Google Map sendiri memiliki berbagai macam API yang memang ditujukan untuk Bahasa program dan platform yang berbeda. Pada google map sendiri, terdapat lima jenis API yang bisa digunakan, yaitu:

 

Google Map Android API

Google map API sendiri adalah API yang memang dikhususkan  untuk platform yang memiliki system operasi Android. API ini sangat berguna bagi pengembang aplikasi android seperti ojek online, cuaca,atau semua aplikasi yang memiliki fitur map dan lokasi secara realtime. Kalian bisa melihat dokumentasinya pada link berikut.

Google Map Android API

 

Google Map Javascript API

Google Map Javascript API sendiri adalah api yang sangat umum kita temui. Biasanya API ini diterapkan pada sebuah website yang memang menunjukkan tempat atau lokasi tertentu pada sebuah website. Untuk dokumentasi lengkapnya bisa kalian lihat pada link berikut.

Google Map Javascript API

 

Google Map Geocoding API

API Geocoding adalah API khusus google map yang mengkonversi lokasi google map menjadi beberapa data lengkap berupa array yang bisa dimanfaatkan untuk keperluan tertentu. Berikut adalah dokumentasi yang bisa kalian pelajari.

Google Map Geocoding API

 

Google Map Direction API

Seperti pada nama API tersebut, yaitu Direction, yang berarti arah tentu saja API ini memang dikhususkan bagi aplikasi yang memiliki fitur navigasi, terutama transportasi darat. Dan berikut adalah dokumentasi yang bias kalian pelajari.

Google Map Direction API

 

Google Map Place API Web Service

Dengan API ini kita bias mendapatkan data dari database yang sama yang digunakan oleh Google Maps dan Google+ Lokal. Tempat menampilkan lebih dari 100 juta bisnis dan tempat menarik yang sering diperbarui melalui daftar pemilik yang terverifikasi dan kontribusi yang dimoderasi oleh pengguna. Berikut adalah dokumentasi yang bias kalian pelajari.

Google Map Place Web Service API

 

Penggunaan Peta sudah menjadi kewajiban bagi kalian yang menjalankan bisnis yang memiliki tempat atau took secara fisik yang bias dikunjungi. Google Map API merupakan solusi yang paling tepat untuk melakukan semua aktivitas pemetaan lokasi, rute jalan, dan yang lainnya. Saya kira itu saja yang kita bahas kali ini. Semoga bermanfaat.

Artikel, website

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More