Belajar Dasar Tentang Node JS

Hai semuanya bertemu lagi dengan saya didumetschool. Sekarang kita akan belajar tentang seputar Node JS. Mungkin sebagian teman teman disini sudah pernah mendengar atau sering mendengar tentang Node JS. Nah kali ini kita akan benar benar belajar pelan pelan dari dasar tentang Node JS. Apa itu Node JS ? gunanya Node JS adalah kita bisa menggunakan javascript sebagai bahasa server yang artinya kita bisa membuat aplikasi murni dengan bantuan javascript. Jadi kita tidak menggunakan Bahasa program seperti PHP Ruby atau Pyhton tapi kita murni semuanya dengan kode Javascript. Tentu selama ini kita menggunakan javascript cuma sebagai bahasa client tapi sekarang kita bisa menggunakan javascript sebagai bahasa servernya yaitu dengan Node JS. Pada Node JS ini didalamnya sudah terdapat web server sehingga kita sudah tidak perlu menggunakan web server lainnya seperti Apache dan IIS. Tentunya yang teman teman sudah pernah belajar dan ambil paket kursus Javascript sebelumnya lebih mudah melihat sintaks-sintaks dari Node JSnya.

Node JS ini dibuat dengan engine yang sama buat browser chrome yang dikembangkan oleh Google yang sifatnya Open Source yang mana Node JS ini memiliki keuntungan yaitu Non Blocking. Sebagai contoh misalnya pada bahasa program biasa bila kita melakukan fungsi A kita harus menunggu sampai fungsi A itu selesai baru kita bisa mengerjakan fungsi B tapi berbeda dengan Node JS ini dia sifatnya paralel artinya dia akan mengerjakan hal-hal yang sama dan nanti ketika kita sudah selesai dengan fungsi tersebut kita bisa memasang yang namanya fungsi callback. Callback ini akan melihat apakah tugas A sudah selesai yang mana dia tidak akan menunggu sampai tugas A selesai tapi dia akan sambil menjalankan tugas B. 

Jadi pada program yang lain sebuah proses akan diselesaikan terlebih dahulu baru dapat ke proses berikutnya. Tapi pada Node JS berbeda karena dia berbasis javascript maka dia tidak akan menunggu proses A itu selesai tetapi semua proses akan dijalankan satu-satu lalu akan menjalankan proses berikutnya yang kita sudah tentukan.

Dengan kata lain Node JS bisa menghandle multiple request secara bersamaan dan prosesnya itu tidak langsung diselesaikan tetapi menjalankan beberapa proses terlebih dahulu. Nah untuk teman teman yang ingin mempelajari teman teman silahkan download dulu Node JSnya dikomputer masing-masing dan downloadnya diwebsite resminya yaitu nodejs.org

Belajar-Dasar-Tentang-Node-JS-27-02-2016-1

dan bila sudah berhasil di instal teman teman boleh buka terminal dan ketikkan Node -v 

Belajar-Dasar-Tentang-Node-JS-27-02-2016-2

untuk mendapatkan versi Node JS yang kita gunakan. Artinya kita sudah berhasil menginstal Node JS. Selanjutnya yang akan kita lihat sekarang adalah memulai dalam menampilkan tulisan Hello Word untuk Node JS. Untuk itu saya buat Folder khusus untuk Node JSnya dan buatkan satu file dan berikan nama server.js yang isinya seperti berikut

Belajar-Dasar-Tentang-Node-JS-27-02-2016-3

Kemudian buka terminal atau command prompt arahkan ke lokasinya tempat penyimpanan Folder Node JSnya. Lalu ketik node namafilenode yaitu server.

 Belajar-Dasar-Tentang-Node-JS-27-02-2016-4

Maka hasilnya akan tampil text atau tulisan dibagian terminalnya. Oke itu dia perkenalan tentang Node JS dan Kode pertama untuk Node JSnya. Sekian tutorial tentang Node JS sampai jumpa pada bagian berikutnya.

26 Februari 2017

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Kursus Postgre SQL Database Developer Terbaik 2024 di Jakarta
chat