Beberapa Penyebab Email Gagal Terkirim

31/07/2017    Maykhel David    16938     Teknologi

Email adalah fitur kirim surat secara elektronik, atau biasa disebut Electronic Mail, fungsinya sama seperti surat pada umumnya, yaitu mengirim pesan, yang membedakan adalah Email akan lebih cepat sampai dibandingkan dengan surat konvensional.

Banyak sekali layanan email gratis yang bisa kita gunakan seperti Gmail, Outlook, Yahoo, dan yang lainya. Masing masing provider email tersebut memiliki fitur yang sangat beragam. Namun namun tahukah kalian bahwa banyak pengguna email yang terkadang memiliki masalah saat ingin mengirim email ataupun menerima email.

Berikut ini adalah beberapa masalah yang mengakibatkan terkendalanya aktivitas berkirim email.

Invalid Addres / Salah alamat

Kasus ini yang paling sering terjadi dan sangat umum, terkadang secara tidak sadar mungkin pernah salah mengetikkan alamat email tujuan, semua kesalahan pengetikkan seperti kurang huruf atau angka. Hal ini memungkinkan system email menolak mengirimkan email ke alamat yang salah. Atau yang lelbih berbahaya jika email tersebut ternyata terkirim ke email yang salah, tidak menutup kemungkinan akan disalahgunakan oleh pemilik email tersebut.

 

Ditolak karena Attachment / Lampiran

Hal ini menjadi sesuatu yang sekarang biasa terjadi pada akun Gmail. Beberapa kebijakan pada gmail memang melarang pengguna untuk mengirim sebuah file berekstensi .exe untuk mencegah penyebaran program jahat seperti virus, malware atau yang lainnya. Selain itu juga google menerapkan system deteksi pada arsip seperti zip dan rar atau sejenisnya dimana kita tidak boleh memasukan arsip kedalam sebuah arsip lagi. Dan google juga memberikan batasan attachment sebesar 25 MB per lampiran

 

Storage / Mailbox Penuh

Setiap Provider Email pasti memiliki batas penyimpanan yang bias digunakan dalam berkirim email. Contohnya pada Google Gmail kita diberikan secara gratis 15GB sebagai penyimpanan berbagai macam layanan google sekaligus, ketika penyimpanan sudah penuh maka system akan secara otomatis memperingati ketika ada email masuk dan tidak dapat menerimanya.

 

Baiklah teman teman banyak dari kalian yang mungkin menemukan masalah seperti ini, tentu saja ini sangat mengganggu ketika kita email yang kita gunakan adalah email kantor atau email untuk keperluan bisnis. Semoga artikel tentang beberapa penyebab email gagal terkirim ini dapat bermanfaat.

Artikel, Tips dan Trik

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More