Beberapa Fitur Terbaru Dalam PHP 7

Setelah melakukan upgade versi PHP 7, ada banyak deklarasi baru dan juga fitur-fitur yang sangat menarik. Sebagian sudah diterapkan dalam framework-framework PHP dan sebagian ada yang belum. Nah, berikut adalah beberapa fitur baru dalam PHP 7.

1. Scalar type declarations

Adalah pendeklarasian tipe data yang akan dimasukan ke dalam parameter function. Tipe data tersebut meliputi string, int, float, bool, class, interface, array dan callable. Scalar type declarations ditempatkan di belakang paramater function, seperti ini functionName(int $nilai)

2. Return type declarations

Adalah pendeklarasian tipe data yang akan dikembalikan oleh function. Ini adalah kebelikan dari Scalar type declarations. Return type declarations ditempatkan sebelum kurung kurawal functionName(): int {}

3. Null coalescing operator

Adalah operator yang digunakan untuk mengecek suatu variable apakah terdeklarasi atau tidak. Operator sebenarnya pengembangan dari function isset(). Rumusnya adalah seperti ini variable ?? variable : 'variable tidak ada'

4. Spaceship operator

Adalah perbandingan 2 data/expressions, yang akan mengembalikan nilai -1 (less than/lebih kecil dari), 0 (equal/sama), 1 (greater than/lebih besar dari).

5. Constant arrays using define()

Jika pada versi sebelumnya, constant hanya dapat menyimpan single data, pada PHP 7 kita bisa membuat constant variable sebagai array.

30 Januari 2017

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Kursus Postgre SQL Database Developer Terbaik 2024 di Jakarta
chat