Apakah Iklan Berbayar Meningkatkan Peringkat di Halaman Pencarian Google ?

15/05/2019    Surya Chandra Gobel    200     Marketing

Banyak yang bertanya, apakah memasang iklan pada Google Ads, Facebook Ads, Youtube Ads, Instagram Ads dan jenis iklan berbayar lainnya dapat meningkatkan rank secara organik pada halaman search engine seperti Google ? Dari pengalaman beberapa sumber, mengatakan bahwa iklan berbayar dapat meningkatkan rank sebuah website, sedangkan ada yang mengatakan tidak. Namun, penjelasan di bawah ini mungkin bisa menjadi pertimbangan bagi kita semua.

Iklan Meningkatkan CTR Website

Ketika memasang iklan berbayar, tujuan utama kita tidak lain adalah mendapatkan trafik yang tertarget ke website yang diinginkan. Kita tahu bahwa salah satu sinyal SEO Google adalah klik dari sebuah link ke halaman website rujukan. Semakin sering diklik link tersebut, semakin baik efek untuk SEO.

Dalam hal ini, jumlah klik pada iklan memiliki dampak positif untuk optimasi website di mesin pencari. Namun, jika jumlah klik pada iklan tidak terlalu banyak atau terlalu rendah, dampak pada SEO tidak akan signifikan atau malah sama sekali tidak ada.

Meningkatkan Backlink dan Share

Masih berhubungan dengan CTR, ketika iklan berbayar di Google atau Facebook diklik, sebuah website menerima backlink, mention, coverage dan share. Pada akhirnya, ini akan meningkatkan optimasi mesin pencari dan meningkatkan peringkat website di halaman mesin pencari secara organik.

Meningkatkan Aktivitas Pengunjung pada Halaman Website

Pengunjung yang datang dari hasil kita beriklan, kemungkinan akan melakukan banyak aktivitas pada halaman website kita. Semua aktivitas pengunjung seperti berlama-lama tinggal di website, klik halaman lain, komentar dan lainnya dapat membantu meningkatkan peringkat di mesin pencari secara organik.

Mendapatkan Kunjungan Berulang

Pengunjung yang berasal dari iklan juga membantu menjadi pengunjung setia pada website. Ketika pengunjung menemukan topik yang sesuai dengan minat mereka, atau menemukan jawaban pada website tersebut, mereka akan selalu membuka website itu berulang kali sebagai referensi. Dan seperti yang kita ketahui, website yang menghasilkan banyak trafik langsung akan membantu meningkatkan SEO website.

Kesimpulan dari pertanyaan Apakah Iklan Berbayar Meningkatkan Peringkat di Halaman Pencarian Google ? Jawabannya yaitu, trafik yang dihasilkan dari iklan berbayar seperti Google Ads atau Facebook Ads, secara tidak langsung membantu meningkatkan SEO website. Jadi, jika kalian memiliki anggaran yang cukup dan ingin mendapatkan trafik yang banyak serta menjalankan kampanye SEO, kalian bisa gunakan iklan berbayar.

referensi: www.bacsense.com/iklan-berbayar-meningkatkan-seo.html

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More