Apa Perbedaan Antara Copywriting dan Content Writing ?

29/05/2019    Surya Chandra Gobel    80     Marketing

Dari dulu masih ada saja yang bingung membedakan antara copywriting dan content writing. Karena memang di antara dua istilah tersebut sama-sama menghasilkan suatu konten. Konten yang dimaksud di sini, karya tulisan yang dapat menarik pembaca untuk mengikuti pesan yang disampaikan. Nah, lalu Apa Perbedaan Antara Copywriting dan Content Writing ? berikut ini penjelasannya.

Copywriting

Copywriting merupakan istilah dalam membuat konten yang menarik dan mempunyai nilai untuk mempromosikan suatu brand. Dahulu copywriting ini tidak menjadi profesi tersendiri, karena menyatu dengan divisi periklanan. Namun, saat ini tugas seorang copywriter sudah dipisahkan untuk dapat lebih fokus dalam meningkatkan konversi penjualan. Kamu harus mengubah perilaku audiens agar mereka memahami dan berminat terhadap brand milikmu.

Copywriting ini menjadi bahan pengolahan yang bisa menyukseskan content writing atau copywriting bisa juga disebut sebagai teknik dalam content writing.

Tujuan Copywriting

Tujuan utama dari copywriting ini untuk branding. Jadi, tulisan yang dibuat akan sukses jika nilai brand-nya meningkat. Usaha branding ini untuk memberitahu audiens mengapa brandmu penting dan bernilai. Sama seperti menulis suatu konten pada umumnya, kamu juga perlu menarik perhatian banyak orang. Namun, dengan copywriting ini sebenarnya hasilnya harus lebih maju dibanding content writing, karena teknik ini menjadi pembuka agar terjadi konversi penjualan.

Content Writing

Content Writing merupakan proses membuat konten/pesan yang punya nilai untuk disampaikan kepada khalayak. Tujuannya bisa jadi banyak namun intinya adalah yang terkait bisnis semacam pemasaran, komersil, dan lain sebagainya. Seringnya, penulisan konten ini dipakai buat menarik pelanggan-pelanggan potensial atau calon customer untuk selanjutnya dididik soal produk/jasa yang ditawarkan dari suatu brand. Ada banyak sekali jenis karya yang untuk Content Writing yaitu blogpost, artikel, berita, siaran pers, dan lain sebagainya.

Tujuan Content Writing

Menulis konten di sini berarti menghasilkan konten yang bisa memasarkan produk/jasa secara maksimal. Penjelasan sederhananya, proses menulis konten ini bisa membantu Anda untuk melakukan pemasaran produk/jasa dari suatu brand. Konten yang bagus dan baik adalah yang mampu menjangkau audiens target serta juga mencapai tujuannya yaitu penjualan produk maupun jasa.

referensi: www.dewaweb.com/blog/copywriter-101/amp/

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More