Apa Itu WebRTC?

WebRTC (Web Real Time Communication) adalah Proyek open source dimana memungkinkan setiap pengguna melakukan komunikasi terhadap pengguna lainnya secara real time melalui browser. Proyek ini memanfaatkan kemampuan web browser modern dimana komunikasi dalam hal ini meliputi suara dan video dengan memanfaatkan API Javascript yang ada tanpa bantuan plugin lain.

WebRTC tentu sangat berguna untuk memberikan kemudahan dalam berkomunikasi antar pengguna. Kalian pastinya pernah menggunakan fitur call yang ada pada aplikasi Whatsapp pada smartphone, atau kalian mungkin pernah melakukan video call dengan orang lain. Kedua hal tersebut termasuk dalam kategori RTC (Real Time Communication).

Perkembangan WebRTC tentu akan memberikan sebuah cara pandang baru terhadap cara berkomunikasi pada masyarakat.

Komumikasi realtime bukan lagi sesuatu hal yang baru dalam dunia komunikasi teknologi, Kita pastinya sudah tahu aplikasi Skype yang memang sudah ada sejak rilis perdananya pada Agustus 2003, dimana skype sendiri adalah program komunikasi yang menggunakan teknologi peer to peer yang menawarkan komnikasi realtime yang dibuat secara gratis untuk memberikan fasilitas komunikasi murah berbasis internet yang dapat melintasi negara.

Penerapan RTC saat ini sudah mulai berkembang sebagai fasilitas yang bisa digunakan dalam sebuah website. Saat ini aktivitas berkomunikasi seperti video call sudah bisa dilakukan secara langsung dari sebuah website tanpa harus menginstall aplikasi lain sebagai pendukungnya atau yang biasa disebut WebRTC

Namun tahukah kalian bahwa WebRTC yang dikembangkan saat ini memiliki sebuah kekurangan? Penggunaan teknologi terbaru pada website memang sangat berguna untuk mempermudah aktivitas yang akan kita jalani. Namun dibalik kemudahan yang ditawarkan oleh sistem teknologi terbaru selalu akan ada kelemahan saat peralihan tersebut. Pada umumnya adalah permasalahan kompatibilitas terhadap pengguna lain yang mungkin belum melakukan update terhadap perangkat miliknya. Hal ini tentu menjadi kendala tersendiri, meski begitu tentu seiring berkembangnya teknologi pasti semakin banyak pengguna yang akan merasakan fitur terbaru tersebut.

Baiklah teman teman pengenalan tentang Apa Itu WebRTC cukup sampai disini jika ada yang ingin mempelajarinya mungkin nanti kita akan bahas pada artikel yang akan dating.

 

24 Juli 2017

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat