Apa Itu Virus Ransomware WannaCry?

15/05/2017    Maykhel David    1256     Teknologi

Beberapa hari belakangan para pengguna internet sedang heboh membahas tentang salah satu malware yang memang sangat booming sejak beberapa tahun terakhir, yaitu Ransomware WannaCry. Tidak seperti pada umumnya, virus Ransomware WannaCry ini adalah virus yang menyandera atau melakukan enkirpsi kepada file dokumen penting yang ada pada komputer atau laptop kalian dan akan memunculkan popup yang memiliki perintah untuk memberikan tebusan dengan nominal yang cukup besar agar file tersebut dapat dibuka kembali. Hal ini lah yang membuatnya dikenal sebagai virus yang cukup jahat.

Target utama dari birus ransomware adalah sistem operasi windows yang memang masih menjadi sistem opperasi paling banyak dipakai di dunia saat ini. Untuk sistem operasi lainnya seperti Linux atau MacOS masih belum terdengar keluhan tentang Ransomware WannaCry.

Cara kerja virus Ransomware WannaCry (wrcy) adalah dengan melakukan enkripsi semua data pada sistem komputer dan hanya memberikan korban dua file yang ketika file tersebut dibuka akan memberitahukan kepada korban bahwa file mereka telah terkunci dan memberikan batas waktu pembayaran untuk membuka file mereka dengan ancaman bahwa fle mereka akan dihapus.

Pelaku atau hacker tersebut akan meminta bayaran melalui Bitcoin, sebagaimana kita tahu bahwa bitcoin adalah fasilitas transfer dan konversi mata uang dengan jejak paling minim untuk dilacak dan cukup aman di dunia, dimana sang pengirim dan penerima mata uang Bitcoin tersebut tidak bisa mengetahui identitas asli sang pemilik akun. Dan kita juga tidak mengetahui sang pemilllik situs atau perusahaan pemilik Bitcoin ini menyimpan identitas asli atau tidak.

Virus Ransomware WannaCry (wcry) ini memang sengaja dibuat untuk melakukan enkripsi file dan menargetkan ke sebuah perusahaan atau seseorangyang memiliki data yang sangat penting seperti dokumen tertentu.

Baiklah teman-teman, pada artikel diatas kita sudah mengetahui apa itu ransomware sebagai salah satu virus yang memang ditujukan untuk meraup keuntungan secara finansial bagi sang hacker atau pengembang virus. Pada artikel selanjutnya saya akan membahas tentang bagaimana cara melindongi diri dari virus ransomware wannacry.

BACA JUGA:

Cara Melindungi Diri dari Ransomware WannaCry

 

Artikel, Tips dan Trik

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More