Apa Itu RESTful API? Sejarahnya? Bagaimana Konsep Serta Cara Kerjanya? Cara Implementasi Pada Express.JS?

Sejarah API:

API (Application Programming Interface) telah ada sejak lama dalam dunia komputer dan perangkat lunak. Konsep dasar API adalah untuk memberikan cara bagi dua program komputer untuk berkomunikasi satu sama lain. Pada awalnya, API seringkali berkaitan dengan sistem operasi, dan pengembang menggunakan API untuk mengakses fungsionalitas yang diberikan oleh sistem operasi tersebut. Seiring perkembangan teknologi, konsep API juga diterapkan dalam pengembangan perangkat lunak secara umum, seperti web API yang memungkinkan aplikasi web berkomunikasi melalui HTTP.

Penemu dan Pengembang RESTful API:

Apa Itu RESTful API? Sejarahnya? Bagaimana Konsep Serta Cara Kerjanya? Cara Implementasi Pada Express.JS?
REST (Representational State Transfer) adalah gaya arsitektur yang dikembangkan oleh Roy Fielding pada tahun 2000. Meskipun bukan penemuan dalam arti tradisional, Fielding adalah salah satu orang yang memberikan kontribusi besar terhadap pengembangan konsep REST. RESTful API kemudian menjadi populer sebagai pendekatan untuk merancang API yang sederhana, mudah dipahami, dan scalable.

Apa Itu RESTful API:

RESTful API adalah antarmuka pemrograman aplikasi yang mengikuti prinsip-prinsip arsitektur REST. REST adalah suatu gaya arsitektur yang memanfaatkan protokol HTTP untuk pertukaran data dan berfokus pada sederhana, scalable, dan interoperable. RESTful API menggunakan metode HTTP seperti GET, POST, PUT, DELETE untuk berkomunikasi dan melakukan operasi terhadap sumber daya (resources) di server.

Cara Kerja RESTful API:

RESTful API bekerja dengan menggunakan protokol HTTP dan prinsip-prinsip REST. Setiap sumber daya diidentifikasi oleh URI (Uniform Resource Identifier) dan dapat diakses dan dimanipulasi menggunakan metode HTTP. Data dikirimkan antara klien dan server dalam format yang umumnya berupa JSON atau XML. RESTful API mendukung operasi CRUD (Create, Read, Update, Delete) pada sumber daya.

Saya Akan Berikan Contoh di Express.JS

Express.js adalah sebuah framework untuk pengembangan aplikasi backend. Dengan kata lain, Express.js digunakan untuk membangun server-side dari sebuah aplikasi web atau API. Ini memberikan alat dan struktur untuk menangani permintaan HTTP, routing, middleware, dan fungsi-fungsi lain yang diperlukan untuk mengelola logika di sisi server.
Express.js sangat fleksibel dan dapat diintegrasikan dengan berbagai paket dan modul Node.js lainnya untuk membangun aplikasi web yang kuat dan efisien. Keberadaannya telah menjadi faktor penting dalam ekosistem Node.js dan telah digunakan secara luas dalam industri untuk pengembangan aplikasi web dan API.
// Import library
const express = require('express');
const app = express();
const port = 9999;

// Middleware untuk parsing JSON
app.use(express.json());

// Daftar pengguna sementara
let users = [
  { id: 1, name: 'Arya' },
  { id: 2, name: 'Febiyan' }
];

// Endpoint untuk mendapatkan semua pengguna
app.get('/users', (req, res) => {
  res.json(users);
});

// Menjalankan server pada port tertentu
app.listen(port, () => {
  console.log(`Server berjalan di http://localhost:${port}`);
});
Sekarang, Anda dapat mengakses API di http://localhost:9999. Anda dapat menggunakan perangkat lunak seperti Postman atau cURL untuk menguji endpoint yang telah dibuat.
GET /users: Mendapatkan semua pengguna.
Apa Itu RESTful API? Sejarahnya? Bagaimana Konsep Serta Cara Kerjanya? Cara Implementasi Pada Express.JS?
18 Januari 2024

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Kursus Postgre SQL Database Developer Terbaik 2024 di Jakarta
chat