Apa Itu Fitur Copyright Match Tool Pada Youtube ?

Dalam dunia konten kreatif pasti ada saja yang namanya jiplak atau plagiat. Biasanya pelaku yang melakukan plagiat tipe yang ingin mengambil untung, tetapi dari kreatifitas orang lain. Seperti yang terjadi di social media seperti Youtube, banyak sekali aksi pencurian konten video. Banyak pihak tidak bertanggung jawab mencuri konten dari para content creator Youtube untuk keuntungannya sendiri.

Seiring berjalannya waktu, Youtube semakin canggih dalam menciptakan tools untuk membantu banyak content creator. Salah satu tools buatan Youtube yang sangat berguna, yaitu Copyright Match Tool. Fitur ini, sudah diluncurkan Youtube pada tahun 2018. Fitur ini dihadirkan untuk memberi rasa aman bagi para content creator Youtube, agar terlindungi dari para pencuri konten atau re-uploader konten.

Para re-uploader telah lama mendulang dollar dari karya milik orang lain di Youtube. Namun, setelah luncurnya fitur tersebut, kini mereka tidak bisa seenaknya melakukan tindakan re-upload. Dengan begitu bagi para pemula atau pencuri konten, melakukan re-upload merupakan suatu kesalahan fatal. Ini merupakan langkah tepat dari Youtube supaya para content creator membuat konten original.

Sama halnya dalam dunia SEO (pencarian google), tools untuk memerika duplikat konten pada tulisan juga ada. Namun, pada Youtube, Google membuat tools tersebut sangat khusus, agar para content creator bisa membangun channel Youtube yang berkualitas.

Cara Kerja Fitur Copyright Match Tool

Cara kerja fitur ini sangat sederhana. Yaitu, ketika seorang creator meng-upload video, fitur ini secara langsung akan memindai video tersebut. Tujuannya untuk memastikan bahwa video tersebut asli, dan hanya milik pihak pertama yang meng-upload. Namun, fitur ini hanya tersedia untuk channel Youtube tertentu.

Demikian penjelasan apa itu fitur Copyright Match Tool di Youtube. Jika kamu ingin mengoptimalkan channel Youtube dengan digital marketing, kamu bisa kursus di DUMET School.

8 Februari 2020

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat