Apa itu CEH?

Keamanan Cyber menjadi topik pembahasan kita kali ini,  mempermasalahkan tentang keamanan sebuah system dalam pengolahan data secara komputerisasi, baik itu pencurian data atau tracking dan melakukan spy terhadap korban, ada juga yang melakukan penyanderaan file dan meminta tebusan seperti virus yang ransomware yang beberapa waktu lalu menyerang banyak computer di dunia.

Kembali lagi pada pembahasan utama kita, dimana kita akan membahas Apa itu CEH? CEH adalah sertifikasi tingkatan sertifikasi yang diberikan oleh EC-Council, Siapa itu EC-Council? EC-Council sendiri adalah lembaga yang berfokus pada sertifikasi di bidang cyber security. CEH menjadi salah satu sertifikasi pembelajaran yang sangat popular saat ini, karena dengan mengikuti program CEH, kita akan diajarkan untuk menjadi hacker yang memiliki etika sebagai professional.

Biasanya sertifikasi CEH dipelajari bagi mereka yang memiliki pekerjaan sebagai Penetration Tester yang memang bertugas untuk mengecek dan mencari bug atau celah yang ada pada sebuah program. Karena untuk mengalahkan hacker, kalian harus berpikir seperti cara hacker berpikir.

Pembahasan yang diberikan pada sertifikasi CEH biasa banyak membahas mengenai networking security. Seperti meretas jaringan wifi, meretas password atau yang biasa disebut decrypting, dan juga melakukan serangan pada website dengan metode SQL Injection yang memang sangat rawan jika pengembang website tidak menyadarinya.

Bagi kalian  para pengembang website tentu sangat perlu untuk mengetahui cara berjalannya proses melakukan SQL Injection agar kalian bisa menutup celah yang terdapat pada website kalian.

CEH saat ini telah mencapai CEH v9. Peningkatan versi ini melihat dari banyaknya keperluan bagi para developer untuk mengetahui celah pada programnya. Misalnya juga adanya penambahan materi hacking terhadap mobile devices yang memang sangat banyak digunakan saat ini.

Baiklah teman - teman, semakin berkembangnya zaman, semakin banyak hal yang perlu kalian pelajari,  terutama dalam bidang teknologi, Pengembangan teknologi sendiri  tidak selalu berfokus terhadap penambahan fitur saja. Sebagai pengembang aplikasi atau website juga harus memperhatikan tentang keamanan, baik itu data pengguna ataupun masalah pada program itu sendiri.

 

10 Juli 2017

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Kursus Postgre SQL Database Developer Terbaik 2024 di Jakarta
chat